Pertamina (Persero)

Grha Pertamina, Jl. Medan Merdeka Timur No.11-13, Jakarta 10110 Indonesia

Sekilas Pertamina (Persero)

Pertamina (Persero) adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang berperan penting dalam industri energi di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah, peran, dan kontribusi Pertamina dalam mengembangkan industri energi di negara ini.

Pertamina didirikan pada tanggal 10 Desember 1957 dan merupakan perusahaan BUMN yang berperan sebagai pengelola sumber daya energi di Indonesia. Perusahaan ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan kegiatan eksplorasi, produksi, pengolahan, penyimpanan, serta pemasaran minyak dan gas bumi. Pertamina juga memiliki peran penting dalam pengembangan energi baru terbarukan dan pengelolaan lingkungan.

1. Sejarah Pendirian Pertamina

Pada tahun 1957, pemerintah Indonesia mengambil alih pengelolaan minyak dan gas dari perusahaan asing yang beroperasi di negara ini. Pada tanggal 10 Desember 1957, Pertamina didirikan sebagai perusahaan negara yang bertanggung jawab atas semua kegiatan energi di Indonesia.

Pendirian Pertamina merupakan langkah strategis untuk memperoleh kendali penuh atas sumber daya energi nasional, sehingga Indonesia dapat mengelola dan memanfaatkannya secara optimal untuk pembangunan negara.

2. Peran Pertamina dalam Industri Energi

Pertamina memiliki peran yang sangat penting dalam industri energi di Indonesia. Perusahaan ini bertanggung jawab dalam menjalankan kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di seluruh wilayah Indonesia. Pertamina juga mengoperasikan kilang minyak untuk mengolah minyak mentah menjadi berbagai produk seperti bensin, solar, dan LPG.

Selain itu, Pertamina juga berperan dalam pengembangan energi baru terbarukan, seperti bioenergi dan energi panas bumi. Perusahaan ini berkomitmen untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap energi fosil dan memperluas penggunaan energi terbarukan untuk menjaga keberlanjutan energi di masa depan.

3. Kontribusi Pertamina dalam Pembangunan Ekonomi

Pertamina memiliki kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan lapangan kerja bagi ribuan orang, baik di sektor hulu maupun hilir industri energi. Selain itu, Pertamina juga berperan dalam menciptakan nilai tambah bagi perekonomian nasional melalui kegiatan ekspor dan investasi di sektor energi.

Pertamina juga berperan penting dalam program-program pemerintah untuk meningkatkan akses energi di daerah-daerah terpencil dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah tersebut. Dengan menyediakan pasokan energi yang stabil dan terjangkau, Pertamina berkontribusi dalam mendorong pembangunan sektor-sektor ekonomi lainnya.

4. Pengelolaan Lingkungan oleh Pertamina

Pertamina juga memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan. Perusahaan ini berkomitmen untuk menjalankan kegiatan operasionalnya dengan memperhatikan aspek lingkungan dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Pertamina mengimplementasikan berbagai program perlindungan lingkungan, seperti pengelolaan limbah, penghijauan, dan pengembangan teknologi ramah lingkungan.

Pertamina juga aktif dalam penelitian dan pengembangan teknologi energi bersih, dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak negatif lainnya terhadap lingkungan. Perusahaan ini juga terlibat dalam upaya pelestarian alam dan keanekaragaman hayati di wilayah-wilayah operasinya.

5. Kesimpulan

Pertamina (Persero) adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang berperan penting dalam industri energi di Indonesia. Melalui kegiatan eksplorasi, produksi, pengolahan, penyimpanan, serta pemasaran minyak dan gas bumi, Pertamina berkontribusi dalam pembangunan ekonomi negara dan pengelolaan sumber daya energi secara berkelanjutan.

Dengan peran dan kontribusinya, Pertamina berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi terkemuka di Indonesia dan terus berinovasi dalam mengembangkan energi baru terbarukan untuk masa depan yang lebih baik.

Pertanyaan Umum:

1. Apa saja kegiatan utama Pertamina?

Pertamina menjalankan kegiatan eksplorasi, produksi, pengolahan, penyimpanan, dan pemasaran minyak dan gas bumi di Indonesia.

2. Apa peran Pertamina dalam pengembangan energi baru terbarukan?

Pertamina berperan dalam pengembangan energi baru terbarukan, seperti bioenergi dan energi panas bumi, untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

3. Apa kontribusi Pertamina dalam pembangunan ekonomi?

Pertamina menyediakan lapangan kerja, menciptakan nilai tambah bagi perekonomian nasional, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah terpencil.

4. Bagaimana Pertamina mengelola lingkungan?

Pertamina menjalankan kegiatan operasionalnya dengan memperhatikan aspek lingkungan dan mengimplementasikan program perlindungan lingkungan serta pengembangan teknologi ramah lingkungan.

5. Apa visi Pertamina ke depan?

Pertamina berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi terkemuka di Indonesia dan terus berinovasi dalam mengembangkan energi baru terbarukan.

135 pcc135@pertamina.com https://www.pertamina.com/

Lowongan Kerja di Pertamina (Persero)

Loker Pertamina Bangka Barat

Pertamina (Persero) Bangka Barat
5 Jam yang lalu
Rp 3.500.000
Bulanan

Loker Pertamina Bandung Barat

Pertamina (Persero) Bandung Barat
Kemarin
Rp 3.500.000
Bulanan

Loker Pertamina Balikpapan

Pertamina (Persero) Balikpapan
2 Hari yang lalu
Rp 3.200.000
Bulanan

Loker Pertamina Aceh Tenggara

Pertamina (Persero) Aceh Tenggara
2 Hari yang lalu
Rp 3.500.000
Bulanan

Loker Pertamina Bangkalan

Pertamina (Persero) Bangkalan
3 Hari yang lalu
Rp 2.200.000
Bulanan

Loker Pertamina Maluku Tengah

Pertamina (Persero) Maluku Tengah
3 Hari yang lalu
Rp 2.800.000
Bulanan

Loker Pertamina Bangka Tengah

Pertamina (Persero) Bangka Tengah
4 Hari yang lalu
Rp 3.500.000
Bulanan

Loker Pertamina Pesawaran

Pertamina (Persero) Pesawaran
5 Hari yang lalu
Rp 2.600.000
Bulanan

Loker Pertamina Jeneponto

Pertamina (Persero) Jeneponto
6 Hari yang lalu
Rp 3.400.000
Bulanan

Loker Pertamina Buru

Pertamina (Persero) Buru
6 Hari yang lalu
Rp 2.800.000
Bulanan