Connect with us

Menyikapi Banyaknya Kematian di Gunung

menyikapi kematian di gunung

Catatan

Menyikapi Banyaknya Kematian di Gunung

Sebenarnya kejadian kecelakan atau meninggalnya orang di gunung sudah banyak sejak dahulu, hanya saja saat ini media sudah banyak, sehingga beritanya terkesan berlebihan. Untuk menyikapi banyaknya kematian di gunung ketika pendakian, kita sebagai penggiatnya harus lebih memikirkan tentang prosedur keselamatan yang harus disiapkan.

Dalam pendakian gunung ada banyak hal yang harus disiapkan, terutama fisik dan mental, selebihnya adalah alat pendukung yaitu perlengkapan yang saat ini sudah banyak dijual dan bisa kita dapatkan dengan mudah.

Hal-hal lainnya yang perlu diperhitungkan adalah masalah cuaca di lokasi. Cuaca menjadi faktor yang turut andil dalam kecelakaan atau kematian di gunung, oleh karena itu penting bagi kita untuk memikirkan bagaimana caranya bisa menghadapi cuaca di gunung.

Menyikapi Kematian di Gunung

  1. Sadar bahwa gunung bukan tempat bermain atau main-main
  2. Sadar bahwa pendakian gunung memiliki resiko tinggi
  3. Sadar bahwa mendaki gunung butuh persiapan yang matang

Dengan kesadaran tersebut, kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya ketika hendak melakukan pendakian gunung dan lebih siap untuk melakukan pendakian gunung. 

Belajar dari Pendaki Kekinian

Membaca media sekarang, ada banyak kasus kematian, kecelakaan ataupun masalah ketika mendaki gunung kebanyakan dari anak muda yang baru saja mencoba naik gunung. Orang menyebut mereka pendaki kekinian.

Ada yang kedinginan atau hypotermia, ada yang tersesat, tertinggal dari rombongan, jatuh ke jurang hanya karena berfoto lalu akhirnya meninggal. Dari semua itu kita dapat mengambil pelajaran berharga, dan bisa menjadi bahan evaluasi ketika hendak berangkat naik gunung.

Kita yang sudah banyak mendaki gunung, ataupun sudah lama sering mendaki gunung juga tetap harus belajar dari mereka. Sebab dari kejadian-kejadian merekalah kita bisa berkaca, dan bisa memperbaiki serta meminimalisir kematian di gunung.

Merangkul Mereka yang Banyak Tidak Tahu

Kesadaran akan pentingnya persiapan dalam pendakian harus kita tularkan dan ajarkan kepada mereka yang banyak tidak tahu. Karena saat ini banyak anak muda yang iseng naik gunung karena melihat keindahan dalam foto, mereka nekad naik gunung tanpa persiapan dan itu bisa sangat beresiko.

Oleh karena itu, kita yang sudah tahu, harus banyak membuka diri dan berbagi ilmu untuk merangkul mereka yang baru dalam dunia pendakian gunung, agar kematian dan kecelakaan di gunung dapat diminimalisir.

Bagi yang banyak tidak tahu pun, kita harus banyak belajar. Harus banyak mengikuti pelatihan, karena naik gunung bukan soal berfoto, bukan sekedar soal naik bareng atau sekedar piknik.

Continue Reading
Advertisement

Mencoba menulis apa yang ditemukan dalam kehidupan dan berharap semua karya ini abadi. Bermanfaat dan dapat menjadi media untuk mengasah kemampuan menulis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Catatan

To Top