Tips Sholat di Gunung Dengan Tepat Waktu Saat Pendakian

Tips Sholat di Gunung Dengan Tepat Waktu

Mendaki gunung jauh dari mesjid dan rumah. Apalagi mushola, di gunung juga jarang terdengar suara adzan. Yang ada hanya hening dan dingin terasa pada daun telinga. Tetapi semua itu bukanlah alasan untuk tidak sholat dengan tepat waktu.

Islam itu kebahagiaan, keindahan dan kemudahan. Di gunung kita bisa sholat tepat waktu, dan lebih merasakan dekat dengan sang pencipta. Khusu dalam beribadah sekalipun kondisi di dalam hutan serba sulit.

Gunakan Jam Tangan
Orang-orang terdahulu, mengenal alam dengan baik. Mereka memperhatikan langit, membaca cuaca untuk mengetahui waktu. Sekarang dunia telah maju. Saat ini dengan ilmu dan teknologi yang semakin modern, telah tersedia jam tangan yang bisa kita kenakan kemana saja. Pakailah, agar kita mengetahui waktu sholat.

Membawa Alat Sholat
Syarat syah sholat salah satunya adalah bersh dari kotoran. Baik dari noda dan najis. Bawalah peralatan sholat yang bersih. Ketika kita membawa alat sholat yang lengkap, tidak ada lagi alasan untuk tidak sholat saat waktunya tiba.

Ilmu Tayamum
Digunung, hutan dan lembah tidak selalu terdapat air bersih yang suci. Ilmu tayamum sangat dibutuhkan sebagai pengganti air wudhu.

Kompas
Sholat harus mengarah ke kiblat. Bagaimana kita dapat mengetahui arah kiblat dengan cepat?. Ya! dengan kompas.

Pilihlah daerah yang cukup luas untuk sholat. Jika memungkinkan, sholatlah berjamaah. Jika kita tidak memungkinkan sholat di gunung, kita dapat mengqada ataupun jama sholat kita. Keadaan darurat seperti hujan dan badai bisa memungkinkan kita untuk berhalangan menunaikan ibadah sholat.

Mendaki gunung tidak menghalangi kita untuk tetap sholat lima waktu tepat waktu. Kita bisa menunaikan ibadah kita dengan khusu walaupun dalam perjalanan pendakian gunung. Semoga tips ini dapat membantu anda. Apabila ada kekurangan silahkan koreksi kembali di kolom komentar.