Tips Perencanaan Memilih Jalur Pendakian Gunung

Tips Perencanaan Memilih Jalur Pendakian Gunung

Jalur atau rute pendakian gunung merupakan jalan yang membawa Anda sampai ke puncak. Biasanya, dari satu gunung terdapat beberapa jalur yang menghubungkan antara kaki sampai ke puncak gunung, dari termudah, sulit, panjang ataupun pendek.

Memilih jalur adalah salah satu hal penting dalam Manajemen Perjalanan Pendakian Gunung. Oleh karena itu, agar pendakian Anda sukses simak beberapa tips berikut ini:

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih jalur, beberapa diantaranya yaitu Mengetahui Kemampuan Diri, Mengenal Medan Pendakian, Mengetahui Jarak Tempuh Pendakian, Menentukan Waktu Istirahat dan Merencanakan Jalur Cadangan.

Mengetahui Kemampuan Diri
Ada beberapa pendaki yang seringkali mengalami kegagalan saat melakukan pendakian puncak gunung. Salah satu faktor penyebabnya yaitu tidak tahu batas kemampuan diri, termasuk fisik dan pengetahuan tentang jalur yang akan ditempuh. Pilihlah rute sesuai kemampuan Anda, agar bisa sampai puncak.

Mengenal Medan Pendakian
Setelah Anda mengetahui kondisi sampai sejauh mana kemampuan Anda, saatnya mengenali medan pendakian. Gunung-gunung indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tentunya Anda juga harus sangat mengenal keanekaragaman tersebut. Lalu rencanakan soal perencanaan waktu pendakian. Baca juga: Tips mencegah tersesat saat turun gunung

Mengetahui Gambaran Jarak Tempuh Pendakian
Penting bagi Anda untuk tahu jarak tempuh yang akan Anda lalui. Sehingga Anda dapat mengatur waktu pendakian dan logistik Anda dengan tepat. Setelah itu tentukan waktu peristirahatan. Jika jalur panjang maka Anda harus mendirikan tenda di tengah jalur.

Menentukan Waktu Istirahat
Biasanya saat pendakian hari pertama tubuh Anda akan kaget dengan ransel atau beban yang berat pada pundak Anda. Untuk itu, sebelum berangkat Anda harus melakukan latihan-latihan kecil untuk mempersiapkan fisik.

Jika Anda sudah tahu jarak tempuh dan mengenali medan pendakian, saatnya menentukan waktu istirahat. Untuk mengembalikan kondisi tubuh yang lelah juga untuk mengisi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh Anda.

Merencanakan Jalur Cadangan
Memilih jalur cadangan ini beguna agar saat jalur pertama yang dipilih tidak bisa dilewati. Jadi, Anda harus benar-benar rencana A dan B, bahkan bila perlu sampai C. Ini adalah alternatif untuk Anda, ketika jalur utama yang dipilih tidak bisa digunakan.

Itulah beberapa tips dalam merencanakan jalur pendakian gunung yang bisa saya hadirkan untuk Anda. Semoga bermanfaat!