Tips Menjaga Tubuh Tetap Hangat Saat Mendaki Gunung

Agar tubuh tetap hangat saat pendakian

Pendakian gunung merupakan perjalanan menuju kedinginan. Anda juga harus benar-benar memastikan bahwa kondisi tubuh anda tetap hangat. Hal tersebut mendukung anda untuk terbebas dari rasa dingin yang berlebih dan mencegah hipotermia saat mendaki gunung.

Pada saat anda memasuki kawasan hutan yang lebih dingin, tentunya suhu tubuh anda akan mengikuti suhu lingkungan. Di bawah ini adalah beberapa tips menjaga suhu tubuh anda tetap hangat pada saat naik gunung:

  • Gunakan pakaian yang kering dan sesuai dengan suhu lingkungan. Pakai jaket yang hangat, celana dan penutup kepala.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh anda dengan makanan. Daya kerja metabolisme tubuh anda akan stabil saat anda benar-benar mencukupi kebutuhan air dan makanan anda. Sehingga tubuh tetap hangat.
  • Gunakan alas tidur yang memadai. Pakai matras agar tubuh kita saat tidur tidak kedingianan.
  • Pada saat tertidur, gunakan sleeping bag. Pastikan juga untuk tidak berlama-lama membuka pintu tenda, karena udara bisa masuk kedalam tenda dan membuat tubuh anda menjadi dingin.
  • Apabila saat terbangun anda merasakan kedinginan, segera lakukan aktivitas. Bejalan-jalan, atau paling tidak konsumsi makanan dan minum secukupnya.

Tubuh yang selalu hangat akan memberikan efek yang positif saat naik gunung. Dengan tubuh yang hangat juga perjalanan pendakian gunung anda akan semakin mengasyikan dan tidak menderita akibat suhu yang dingin.