Tips Mencegah Tersesat Saat Turun Gunung

tips mencegah tersesat saat turun gunung

Kondisi fisik pada saat turun gunung jauh berbeda dengan pada saat naik. Bagi pemula mungkin seringkali merasakan rasa sakit pada sekujur tubuh, semangat yang menurun dan perasaan sedih atau semua yang bersifat kesulitan dapat menghantui ketika turun gunung.

Oleh sebab itu, seringkali banyak pendaki yang tersesat pada saat kembali pulang. Banyak faktor penyebabnya, bisa oleh karena berpisah dari rombongan/team, keliru memilih jalur, jatuh ke jurang dll. Untuk menghindarinya, berikut tips yang bisa dilakukan:

Tips Agar Tidak Tersesat Saat Turun Gunung

Penting bagi pendaki gunung paham tentang teknik turun gunung. Selain menghindari tersesat, teknik turun gunung ini juga dapat menjauhkan Anda dari bahaya dan kecelakaan. Inilah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencegah tersesat saat turun gunung:

Gununakan jalur yang sama digunakan saat naik
Seringkali banyak pendaki yang tersesat saat turun gunung karena memilih jalur yang berbeda saat mereka naik. Contohnya di ciremai, ada yang naik jalur palutungan dan tersesat ketika turun di jalur linggarjati. Inilah yang harus dihindari, pemilihan jalur sangat penting bagi Anda khusunya pemula. Sebaiknya, gunakan saja jalur awal ketika naik dan jangan memilih untuk turun gunung dengan jalur yang berbeda.

Pilih waktu siang hari untuk turun gunung
Dalam sebagian kasus, banyak yang keliru memilih jalur dan lalu lintas binatang pada malam hari. Sehingga tidka sedikit pendaki yang tersesat saat turun gunung dimalam hari. Waktu yang cocok untuk turun gunung sebaiknya pilih waktu siang hari.

Dalam teknik survival juga ada istilah “berhenti ketika malam tiba, lanjutkan ketika siang datang”. S.T.O.P Jangan Bergerak Dalam Kondisi Pikiran Yang Kurang Jernih atau hentikan perjalanan ketika ragu.

Buat tanda-tanda saat naik
Jika Anda mendaki gunung melalui jalur yang tidak pernah Anda daki, salah satu tipsnya adalah membuat tanda-tanda di sepanjang jalur dengan jarak sesuai kebutuhan. Tidak perlu menggores pohon dengan golok, ada cara lain yaitu dengan kain atau tali berwarna kontras. Tanda tersebut akan menuntun Anda ketika kembali pulang saat turun gunung.

Beberap hal yang perlu diperhatikan ketika hendak naik gunung adalah berpikir bagaiamana Anda bisa turun gunung. Lengkapi semua peralatan yang dibutuhkan, pelajari jalur dan ingat-ingat rute saat naik, bawa selalu survival kit, peta, kompas dan alat-alat lainnya yang sangat dibutuhkan ketika mendaki gunung.

Tips lain yang bisa mendukung suksesnya pendakian gunung adalah mempunyai leadership outdoor yang bisa diandalkan. Saling tolong menolong dan membantu anggota tim pendakian yang terlemah.

Ada banyak kasus meninggalnya seorang pendaki akibat tertinggal dari kelompok/timnya lalu tersesat, kedinginan dan pada akhirnya meninggal dunia. Ini harus menjadi pelajaran bagi semua pendaki gunung, khususnya bagi Anda seorang pemula! semoga artikel ini membantu Anda. Silahkan share!