Tips Mencegah Hipotermia Saat Mendaki Gunung Perlu Disiapkan

Cara Mencegah Hypotermia

Mendaki gunung, meninggalkan segala fasilitas serba ada dan lingkungan nyaman merupakan tindakan yang perlu persiapan. Oleh karena itu, kita perlu memikirkan segala bahaya yang mungkin saja terjadi. Seperti terjatuh, kelelahan, dehidrasi dan hipotermia. Salah satu yang dapat menjadi petaka bagi anda adalah hypotermia, dimana anda merasakan kedinginan yang hebat.

Hipotermia adalah kondisi dimana suhu tubuh sangat kedinginan. Mekanisme tubuh yang kesulitan mengatur suhu akibat tekanan suhu dingin. Hipotermia juga merupakan keadaan darurat dimana tubuh merasakan suhu dingin di bawah 35 derajat celsius. Bagi para pendaki hipotermia menjadi hantu gunung yang sering muncul manakala tubuhnya lemah, kelelahan dan kurang asupan makanan.

  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan kondisi alam, berikan suhu yang cukup hangat bagi tubuh anda dengan memakai jaket hangat saat suhu berubah menjadi sangat dingin.
  • Menghindar dari tempat berangin, jangan berlama-lama menghadapi angin yang bisa membuat suhu tubuh anda turun drastis.
  • Cukupi asupan makanan. Semakin kenyang tubuh kita, maka semakin hangat tubuh kita. Hindari dehidrasi, segera ganti cairan tubuh ada dengan minum secukupnya
  • Jangan mengenakan baju yang basah. Salah satu pemicu terjadinya hipotermia adalah mengenakan baju basah dalam keadaan cuaca dingin. Segera ganti baju basah anda, dan kenakan baju kering.

Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan prima, untuk menjaga kelelahan. Jangan memaksakan diri memasuki hutan dengan suhu yang dingin saat tubuh anda dalam keadaan lemah. Hipotermia dapat membunuh anda, maka kita harus bisa menghindarinya dengan upaya-upaya yang sudah disebutkan diatas.