Gunung Talaga Bodas Objek Wisata Alam Garut Jawa Barat

talaga bodas

Talaga bodas adalah sebuah tempat yang terdapat di kawasan kabupaten garut, tepatnya di wanaraja. Telaga dengan airnya yang berwarna putih ini telah menjadi kawasan objek wisata alam yang sampai sekarang ramai dikunjungi.

Apalagi jika bertepatan dengan hari libur, talaga bodas selalu ramai oleh parawisatawan dari garut maupun luar garut.

Dilihat dari peta, talaga bodas sendiri dapat ditemukan dengan nama “gunung talaga bodas” memiliki ketinggian 2201 mdpl. Ada beberapa jalur untuk sampai ke lokasi ini.

Pertama melalui garut, tepatnya dari wanaraja dan dari sukahening rajapolah. Bagi yang ingin sampai ke lokasi menggunakan kendaraan (mobil ataupun motor), bisa memilih jalur garut dan bagi yang suka dengan jalan kaki, bisa melewati jalur sukahening rajapolah.

Untuk tarif masuk ke talaga bodas, bisa dihitung perorangan ataupun per-kendaraan. Serta bayar biaya parkir, apabila menggunakan kendaraan. Di kawasan objek wisata talaga bodas, panorama utama yang ada adalah telaga dengan warna airnya yang putih.

Bau hangat belerang akan tercium ketika kita mendekati telaga. Disisi lain, terdapat sebuah curug kecil dan pemandian air panas. Untuk sampai kesana, kita harus berjalan kaki menyusuri sisi telaga.

Objek Wisata Alam Talaga Bodas

Kondisi jalan dari garut wanaraja menuju talaga bodas sampai saat ini masih rusak. Aspal yang berlubang serta bebatuan juga debu menjadi beberapa poin tantangan dari objek wisata alam ini.

Beda lagi apabila kita memilih jalur sukahening rajapolah. Dengan menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam berjalan kaki, kita akan sampai talaga bodas. Namun, dibalik semua itu terdapat sebuah keindahan yang dapat membayarnya.

Setelah memasuki kawasan telaga, kita akan disuguhkan dengan pemandangan telaga yang bersih. Nyaris seperti kawah putih yang berada di bandung. Di lokasi ini, seringkali banyak pengunjung yang berfoto ria, membuka perbekalan makanan sambil memandang telaga.

Saat ini di sekitaran pinggir telaga sudah dipasangi pagar besi untuk pembatas serta disediakan tempat berteduh dari teriknya matahari.

Terdapat view point untuk membidik foto, jajaran tebing tinggi menjulang yang membuat pemandangan semakin indah. Tidak hanya itu, setelah kita puas dengan panorama tersebut.

Kita bisa berendam di air panas. Dengan berjalan kaki ke arah kanan, melewati pinggir telaga, kita akan menemukan tempat tersebut untuk melepas lelah. Jarak dan waktu tempuhnya pun tidak terlalu berat, cukup 15-20 menit dari lokasi tempat kita berfoto.