SEO OFF-PAGE untuk Postingan Blog

seo off-page untuk postingan
Bagaimakah caranya agar postingan bisa masuk ke halaman 1 google? supaya banyak orang bisa melihat postingan yang Anda buat? Dasar SEO OFF-PAGE bisa menjadi awal yang sangat penting untuk menjadikan postingan agar no 1 di google!. Apa itu SEO OFF-PAGE? seperti yang sudah dijelaskan pada artikel tentang Dasar SEO ON-PAGE sebelumnya, bahwa SEO OFF-Page adalah optimasi yang dilakukan dari luar web/blog. Saya lebih familiar menyebutnya sebagai promosi!

Promosi yang saya maksudkan yaitu, tindakan menyebarluaskan/memberitakan postingan agar lebih banyak lagi yang mengetahui dan berkunjung ke postingan itu sendiri. Upaya promosi/Off-page ini ada banyak sekali jenisnya, meliputi: social media, forum, blog walking, link building, PBN, sosial bookmark dan masih banyak lagi. Saya akan membahas yang dasarnya saja, selanjutnya nanti kita bahas lebih dalam tentang SEO OFF-PAGE untuk Postingan ini.

SEO OFF-PAGE untuk Postingan Blog

Agar postingan bisa menjadi no 1 di Google, upaya SEO Off-page harus dilakukan. Yang paling penting dalam melakukan upaya ini adalah “backlink”. Anda harus benar-benar mulai membangun backlink agar bisa memasukan postingan Anda ke posisi pertama google.

Apa itu backlink? secara sederhana saya bisa menggambarkan bahwa backlink adalah link web/blog kita yang disimpan/disipkan di blog/web orang lain. Artinya harus ada tindakan membangun backlink dengan baik. Google sendiri lebih menyukai backlink yang natural, artinya tidak robotik atau terkesan spam. Robotik/spam yaitu teknik yang tidak manusiawi dan tidak natural. Untuk memulai upaya SEO OFF-PAGE postingan blog berikut beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada Anda:

Membangun Backlink dari Blog Dummy
Blog Dummy adalah blog kita sendiri yang dibangun dengan tujuan untuk mendukung web utama diberi backlink. Dalam membangun blog dummy ini Anda bisa memanfatkan blogspot, wordpress atau web 2.0 lainnya untuk membangun backlink web/blog yang akan dioptimasi secara off-page. List web 2.0 atau blog dummy bisa dicari di google atau silahkan KLIK DISINI

Caranya, Anda bisa langsung memulai dengan mendaftar/membuat blogspot dan wordpress untuk mendukung postingan utama Anda. Usahakan yang relevan, artinya berkaitan atau satu topik dengan postingan yang akan dioptimasi. Misalnya, postingan Anda topiknya tentang obat asma, buatlah artikel di blog dummy tentang obat asma juga, atau bisa tentang gejala/penyebabnya.

Setelah dibuat blog dummy, jangan terburu untuk menyisipkan link postingan utama. Isi blog dummy dengan 5-10 artikel dan biarkan terindex google terlebih dahulu. Setelah itu barulah boleh disimpan/disipkan link postingan utama Anda. Kira-kira jangka waktunya seminggu bahkan sebulan (lebih aman).

Cara menyisipkan link postingan utama ke blog dummy bisa disimpan di widget/sidebar, atau di footer (bagian bawah blog), juga bisa disimpan di dalam postingan.

Blog dummy juga harus diberi backlink. Nah, backlink untuk blog dummy bisa menggunakan cara blog walking dengan berkomentar di blog orang lain dengan menyisipkan link blog dummy tersebut. Tujuannya juga untuk meningkatkan kekuatan backlink dummy dan akan semakin membantu postingan utama.

Membangun Backlink dari Sosial Media
Sosial media merupakan tempat backlink paling mudah, karena tanpa moderasi. Share postingan Anda ke sosial media agar memberikan backlink dan juga bisa menarik pembaca untuk masuk ke postingan. Sosial media ada banyak, yang paling poluper facebook, twitter dan google plus. Cara membangun backlink dengan sosial media sangatlah mudah, pertama copy url/link postingan, lalu paste di status, biarkan gambar thumbnail keluar lalu post.

Membangun Backlink dari Website Forum
Website Forum merupakan satu dari banyaknya tempat membangun backlink yang bisa Anda manfaatkan. Ada 3 tempat untuk menyisipkan link postingan blog/web Anda ke dalam website forum, pertama di bagian profil, kedua di bagian signature dan dalam thread. Untuk contoh website forum Anda bisa mencarinya di google, atau klik disini

3 poin diatas merupakan dasar dari SEO Off-Page untuk postingan. Selebihnya akan saya bahas pada postingan berikutnya yang lebih banyak membahas tentang postimasi Off-Page ini. Sekarang silahkan Anda mulai membangun backlink untuk SEO OFF-PAGE Postingan Blog Anda. Lakukan dengan cara yang natural, karena google lebih menyukainya.

SEO OFF-PAGE untuk Postingan Blog Agar no 1 di Google

Setelah mengetahui upaya membangun backlink dari blog dummy, sosial media dan website forum, sekarang saatnya untuk mencobanya. Pertama silahkan buat blog dummy, lalu dalam waktu seminggu isi dulu dengan postingan (sehari cukup 1 postingan), setelah terindex dan diberi backlink silahkan simpan link/url postingan utama Anda. Kedua, setelah Anda membuat postingan di web utama, share postingan ke sosial media. Ketiga, mulailah untuk register/daftar/sign up di website berbasis forum diskusi, lalu sisipkan url/link postingan blog Anda.

Baca juga: SEO On-Page dalam postingan

Saat ini untuk masuk posisi pertama google cukup membutuhkan waktu yang lama. Apalagi jika pada kata kunci target dengan persaingan ketat atau kata kunci yang banyak dicari orang, perlu kesabaran tinggi. Tetapi dengan ketekunan optimasi yang dilakukan setiap hari, bukan tidak mungkin postingan Anda akan muncul di posisi pertama google, menjadi no 1!