Peralatan Mendaki Gunung untuk Individu dan Kelompok

Peralatan Mendaki Gunung untuk Kelompok

Mendaki gunung merupakan aktifitas outdoor yang beresiko, dapat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena berada di alam bebas. Salah satunya yaitu harus bertahan dalam cuaca yang ekstrim, dengan segala resiko yang seharusnya membuat kita sadar bahwa kegiatan ini butuh persiapan yang benar, karena naik gunung bukan soal melihat keindahan alam saja.

Untuk mencegah terjadinya masalah yang dapat merenggut jiwa kita sendiri peralatan mendaki gunung adalah salah satu penunjang lancarnya sebuah perjalanan pendakian. Oleh karena itu, pengetahuan tentang apa saja peralatan yang harus dipersiapkan sangat penting sekali.

Peralatan mendaki gunung dibagi menjadi 2 bagian. Yaitu untuk individu dan kelompok. Perlengkapan individu yaitu alat-alat yang memfasilitasi perorangan yang menunjang keselamatan maupun kenyamanan untuk perorangan. Sedangkan peralatan kelompok mencakup keubutuhan kelompok dan disiapkan bersama untuk kepentingan bersama.

Salah satu contoh alat gunung yang wajib dibawa oleh perorangan adalah carrier, jaket, sepatu dll. Sedangkan contoh kecil untuk alat kelompok adalah tenda, alat masak dll. Semua peralatan tersebut wajib dibawa, agar pendakian gunung senatiasa berjalan lancar dan semua anggota kelompok selamat kembali sampai di rumah.

Peralatan Mendaki Gunung untuk Individu

perlengkapan mendaki gunung

Khususnya bagi Anda seorang pemula, ataupun sekelompok orang yang masih awam dalam dunia pendakian. Inilah beberapa alat gunung atau perlengkapan mendaki gunung untuk individu yang bisa saya sampaikan, diantaranya:

Carrier atau Ransel Gunung
Peralatan pertama yang harus disiapkan yaitu ransel atau carrier gunung. Pilih yang layak pakai untuk pendakian gunung. Jangan memilih ransel yang tidak kuat untuk menampung semua perlengkapan. Saat ini sudah banyak brand yang mengeluarkan produk carrier sesuai kebutuhan.

Kapasitas ransel ini sesuaikan dengan kebutuhan perorangan juga kelompok. Karena selain menampung semua alat individu pasti ada beberapa alat kelompok yang harus dimasukan kedalam ransel ini. Sesuaikan dengan waktu dan jarak tempuh suatu gunung yang akan didaki.

Ransel untuk pendakian gunung harus memiliki daya tahan yang kuat. Tahan air, serta dapat menahan beban perlengkapan yang akan Anda bawa. Pilihlah yang nyaman, dengan bantalan empuk agar pundak tidak sakit.

Handbag atau Tas Selempang
Tas berukuran kecil ini untuk menampung perlengkapan pribadi Anda. Seperti handphone, headlamp, pisau lipat, power bank dll. Pilih yang simple dan tidak terlalu besar ukurannya karena dapat mengganggu Anda ketika berjalan kaki di jalur pendakian.

Jaket Gunung
Jaket fungsinya untuk melindungi Anda dari duri ketika medan pendakian penuh dengan tanaman juga untuk menghangatkan badan dari cuaca dingin hutan gunung. Silahkan pilih jaket yang bisa digunakan ketika berjalan dan saat beristirahat mendirikan tenda. Karena dengan dua fungsi tersebut Anda dapat menggunakannya ketika perjalanan malam contohnya dan ketika hendak tidur di dalam tenda.

Sama halnya dengan ransel, sekarang sudah banyak perusahaan yang memproduksi jaket gunung yang layak pakai untuk perjalanan pendakian gunung. Pilih bahan yang hangat serta tahan air.

Sepatu, Sandal Gunung dan Kaos kaki
Sandal gunung dipacking ke dalam ransel sedangkan sepatu digunakan untuk perjalanan. Pilih sepatu gunung yang memiliki ketahanan terhadap segala medan dan kondisi cuaca. Baik ketika hujan ataupun kemarau. Pilih kenyamanan saat digunakan berjalan serta yang melindungi mata kaki. Untuk sandal hanya sebagai pengganti alas kaki ketika beristirahat mendirikan tenda.

Untuk kaos kaki silahkan pilihyang tebal dan berbahan kuat. Bawalah dua, satu pasang untuk sepatu ketika berjalan dan yang satu lagi untuk penghangat kaki ketika tidur di dalam tenda.

Rain Coat atau Ponco
Kegunaan alat ini adalah sebagai pelindung tubuh Anda dari air hujan. Rain coat atau jas hujan haruslah tahan air dan nyaman digunakan ketika punggung Anda terbebani oleh ransel. Jangan pilih ukuran yang terllau ketat, karena dapat mudah robek. Dan kalaupun bahannya bagus, hanya akan membuat Anda sulit bergerak. Apalagi mendaki gunung, medan tidak selalu mudah untuk dilewati. Kadang-kadang Anda harus menaikan kaki Anda dengan tinggi.

Pakaian Ganti
Bawalah pakaian untuk mengganti pakaian Anda ketika perjalanan. Pakaian yang kering, mencakup baju, pakaian dalam, celana, jaket kaos kaki dll akan menggantikan pakaian Anda yang sudah terbasahi oleh keringat ketika dalam pendakian. Jumlah pakaian ganti silahkan sesuaikan dengan lamanya pendakian.

Sleeping Bag atau Kantong Tidur
Jika di rumah Anda bisa menggunakan selimut hangat untuk menjaga tubuh Anda tetap hangat ketika cuaca dingin, Sleeping bag adalah peralatan gunung yang menggantikan selimut Anda ketika pendakian. Pilih yang berbahan hangat dan tahan air. Usahakan alat gunung ini, untuk mencegah hypotermia menyerang Anda.

Matras untuk Alas Tidur
Biasanya alat yang satu ini sudah satu set dengan ransel. Selain digunakan untuk membuat ransel berdiri tegak, matras juga berfungsi untuk alas tidur.

Peralatan Makan dan Minum
Jangan lupakan peralatan ini. Perlengkapan makan dan mnum ketika istirahat dalam perjalanan. Mencakup piring, gelas, sendok. Peralatan ini sangat dibutuhkan ketika kita hendak makan dan menyeduh kopi ataupun jenis minuman lainnya.

Silahkan bawa juga botol minum untuk wadah air ketika dalam perjalanan. Botol ini tidak dipack atau dimasukan kedalam ransel. Botol ini di simpan disamping ransel agar mudah membawanya ketika haus di jalan. Anda juga bisa pilih water bladder, untuk kebtuuhan air ketika mendaki. Baca juga: Pentingnnya botol wadah penyimpanan air saat pendakian gunung

Sarung Tangan, Masker dan Penutup Kepala
Ketiga perlengkapan ini berguna ketika jalur pendakian berdebu, maka Anda membutuhkan masker. Selain itu juga masker membantu Anda dari penciuman bau belerang misalnya. Sedangkan penutup kelapa, topi dan kupluk ataupun bandana yaitu untuk menghangatkan kepala ketika tidur juga bisa melindungi dari terik matahari. Adapun sarung tangan juga untuk menjaga tangan agar tetap hangat dari cuaca dingin.

Decker dan Gaiter
Kedua alat ini digunakan sesuai kebutuhan Anda secara perorangan. Decker fungsinya untuk meminimalisir cidera kaki dan lutut sedangkan gaiter untuk melindungi kaki dari bebatuan kecil atau kerikil yang bisa masuk kedalam sepatu.

Obat-obatan Pribadi
Perlengkapan ini mencakup vitamin ataupun obat apabila Anda memang mempunyai penyakit ringan. Obat-obatan pribadi juga bisa dikategorikan kedalam kebutuhan untuk perawatan perorangan. Obat-oabtan yang biasanya dibawa yaitu minyak kayu putih, obat luka, obat alergi, obat diare dll.

Senter dan Headlamp
Bawalah senter dan headlamp (senter kepala) untuk pencahayaan ketika malam hari. Keduanya sangatlah dibutuhkan ketika malam hari. Saat ini juga telah banyak produk yang memproduksi senter dan headlamp standar pendakian. Tahan air, kuat dan awet.

Survival Kit
Peralatan ini adalah untuk persiapan kalau kita tersesat seorang diri ataupun berkelompok. Segala sesuatu bisa saja terjadi di gunung, maka Anda harus siap menghadapinya dan survial kit ini bisa membantu Anda. Survival kit berupa kompas, jarum dan benang, cermin sinyal, peluit, suar, korek api, batu api, kaca pembesar, belati, tali perangkap, senar dan mata pancing serta tablet penjernih air. Untuk menggunakan alat ini diperlukan ilmu atau teknik survial. Silahkan baca juga: keluar dari situasi survival saat tersesat di gunung

Semua perlatan diatas harus disiapkan oleh perorangan. Jadi, Anda sendiri yang harus mempersiapkannya. Lengkapi semuanya agar dapat memfasilitasi Anda ketika pendakian Gunung.

Peralatan Mendaki Gunung untuk Kelompok

Peralatan Mendaki Gunung untuk Kelompok

Selain wajib melengkapi peralatan perorangan atau individu, peralatan kelompok juga tidak kalah pentingnnya. Jika tadi hanya untuk satu orang, berikut ini adalah alat-alat untuk kebutuhan kelompok:

Tenda
Saat ini sudah banyak jenis tenda, mulai dari ukuran, model, kualitas dan kapasitasnya. Pilih yang simple, contohnya tenda dome. Kapasitasnya sesuaikan dengan jumlah kelompok Anda. Siapkan tenda yang memiliki kekuatan terhadap angin, hujan dan dingin. Tenda juga harus yang simple, mudah didirikan ketika hendak beristirahat.

Peralatan Masak
Perlengkapan ini mencakup kompor dan nasting. Fungsinya untuk memasak bahan makanan yang sudah Anda siapkan untuk pendakian. Ada banyak jenisnya, Anda tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Kompor ada dua jenis, yaitu dengan bahan bakar gas dan spirtus. Sedangkan nasting, wadah untuk memasak. Pengganti wajan untuk menanak nasi, merebus ataupun menggoreng.

Tempat Air
Air adalah kebutuhan semua anggota kelompok. Selain untuk perorangan air juga butuh untuk perbekalan ketika dalam pendakian untuk semua anggota. Tempat air inilah yang akan menampung persediaan air itu. Jerigen kapasitas 2,5 liter dan 5 liter sangat dibutuhkan untuk persediaan air bagi kelompok.

Sesuaikan dengan waktu pendakian dan jumlah anggotan kelompok. Biasanya, semakin banyak anggota tidak akan terlalu berat beban perorangnnya untuk membawa air apabila semua anggota membawa satu saja jerigen ini.

Kotak P3K
Isi dari kotak P3K ini yaitu Kassa steril, Plester perekat, Perban berperekat berbagai ukuran, Perban elastis, Tissue antiseptic, Sabun, Krim Antibiotik, Cairan Antiseptic, Krim yang mengandung hidrokortison 1%, Obat pereda nyeri, Obat – obatan resep dokter yang biasa digunakan oleh anggota keluarga, Pinset, Gunting tajam, Peniti, Lotion yang mengandung Calamine, Kapas beralkohol, Alkohol 70%, Termometer badan, Sarung tangan karet, Senter dengan baterai tambahan, Daftar nomor telepon untuk keadaan darurat dan Buku petunjuk cara memberikan P3K.

Perlengkapan Lainnya
Tisu, Lap Kain, Lilin, Pisau, Golok, Korek Api, Parapin, Trash Bag atau plastik sampah, Web.ing dan Tali Prusik untuk kondisi-kondisi tertentu yang bisa digunakan sesuai situasi dan kebutuhan.

Itulah peralatan mendaki gunung unguk individu dan kelompok. Apabila Anda akan mendaki gunung, silahkan baca dan pelajari juga tentang manajemen logistik, manajemen perjalanan pendakian gunung, olahraga fisik sebelum pendakian dan tips mencegah tersesat saat turun gunung.