Pentingnya Berdo’a Sebelum Melakukan Pendakian Gunung

berdoa sebelum pendakian gunung

Pendakian gunung, perjalanan menapaki jalanan liar, rerumputan dan pepohonan. Di tengah hutan, melewati lembah untuk mencapai puncak dan pulang kembali dengan selamat.

Bagi sebagian pendaki, berangkat naik gunung merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Menaklukan ego, merenung bahkan ada juga yang mengartikannya sebagai kebutuhan hidup.

Ada yang sering kita lupakan ketika tengah terburu-buru melakukan pendakian gunung. Contoh kecilnya seperti lupa membawa beberapa alat. Tetapi ada yang paling penting dari itu semua, yaitu berdo’a.

Mungkin sebagian pendaki gunung sudah terbiasa melakukan hal ini sejak berangkat dari rumah. Tetapi bagaimana jika kita sama sekali tidak berdo’a? Apa sebenarnya manfaat berdo’a?

Do’a memiliki kekuatan, yang dapat meningkatkan keimanan kita terhadap sang pencipta. Bisa membuat kita yakin akan pertolongannya, manakala terjadi hal yang tidak diinginkan. Nutrisi bagi jiwa agar dapat melewati masa sulit saat pendakian.

Berdo’a bisa dilakukan sendiri, yang terpenting adalah berdoa dengan niat yang ikhlas memohon perlindungan. Tetapi yang paling afdol sebaiknya dilakukan bersama-sama atau berjamaah. Setiap langkah kaki akan senantiasa terjaga, setelah kita berdo’a. Untuk keselamatan kita dalam perjalananpendakian gunung.

Mari biasakan agar berdo’a sebelum pendakian. Buat sekhidmat mungkin, rasakan betapa dekat kita dengan sang pencipta, lalu bungkus semua itu dengan tekad dan tujuan yang lurus penuh permohonan agar kita dapat diberikan keselamatan dan hikmah dalam perjalanan pendakian gunung.