Pendakian Gunung Salak Jalur Cidahu Sukabumi Jawa Barat

pendakian merbabu dan merapi

Gunung salak merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di jawa barat. Terletak di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nama salak berasal dari bahasa sansakerta yaitu “salaka” yang mempunyai arti perak. Gunung salak mempunyai 2 puncak yaitu salak I dan II, letak astronomis tepatnya pada 6°43′ LS dan 106°44′ BT dan memiliki ketinggian 2.211 MDPL.

Untuk mencapai puncak gunung salak ada beberapa jalur yaitu Curug Nangka di sebelah utara, Cimelati dari arah timur, dan melalui Cidahu Sukabumi Wana Wisata Cangkuang. Pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi tentang gunung salak jalur cidahu khususnya untuk teman-teman pendaki gunung di tasikmalaya. Tepatnya pada tahun 2012 kemarin sehari sebelum bencana pesawat sukhoi terjatuh saya melakukan pendakian kesana.

Pendakian Gunung Salak Jalur Cidahu

Dari tasikmalaya saya berangkat bersama 2 orang teman, melakukan perjalanan menggunakan bus untuk sampai bogor pasar ciawi. Selanjutnya kami naik elf sampai di pertigaan cicurug. Sebelah kiri jalan ada baligo JAVANA SPA. Dari sana naik angkot sampai taman nasional gunung halimun salak (TNGHS).

Jalur cidahu ini cukup panjang. Perjalanan dari gerbang hutan tadi sampai pertigaan kawah ratu sekitar 1 jam. Untuk mencapai kawah ratu dibutuhkan waktu sekitar 2 -3 jam (tanpa beban). Untuk mencapai puncak salak I anda harus mengambil jalan lurus, sedangkan ke arah kiri menuju ke kawah ratu. Mencapai camp I membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam dengan beban dan istirahat. Sedangkan dari camp I menuju puncak salak I hanya menghabiskan sekitar 1 jam (tanpa beban).

Menurut pemantauan saya gunung salak selalu diselimuti kabut dan curah hujan yang cukup tinggi, jangan lupa untuk membawa rain coat (jas hujan) , dan geither. Di jalur ini terdapat banyak pacet (dan sangat licin) , untuk mata air terdapat di beberapa titik, tapi menurut saya lebih baik mengambil air di pertigaan menuju kawah ratu, apabila jumlah anda sedikit seperti saya yang melakukan pendakian 3 orang, lebih baik masing masing anggota membawa 5 liter air.

Biaya Transportasi Pendakian Gunung Salak Jalur Cidahu:

  • Bus Do’a Ibu: Tasikmalaya – Pasar Ciawi Bogor = Patas AC Rp. 45.000,- Patas non AC seat 3-2 Rp.38.000,-
  • Elf: Pasar Ciawi Bogor – Pertigaan Cigugur = Rp.10.000,-
  • Angkutan Kota: Pertigaan Cigugur – Wana Wisata Cangkuang (pos pendaftaran TNGHS) = Rp.10.000,-
  • Daftar masuk = Rp.20.000 perorang

Catatan ini masih tentang pendakian pada tahun 2012. Informasi biaya transfortasi pastinya sudah berubah. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasinya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Jika ada kesalahan, silahkan koreksi melalui form komentar di bawah ini.