Olahraga Ringan Persiapan Fisik Sebelum Pendakian Gunung

Olahraga Sebelum Pendakian Gunung

Selain persiapan mental, angaran logistik dan pengetahuan jalur, olahraga juga dibutuhkan untuk menjaga kebugaran serta ketahanan tubuh saat melakukan pendakian. Tidak perlu olahraga berat seperti angkat beban puluhan kilo, marathon ataupun gym agar tubuh kekar. Hanya perlu beberapa olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan siap melakukan pendakian gunung.

Menurut para ahli kesehatan, olahraga merupakan aktivitas yang dapat membantu menjaga kesehatan. Bahkan Suryanto Rukmono mengatakan, bahwa olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh kita agar badan terasa sehat dan kuat, baik secara jasmani maupun rohani. Ini sangat penting sekali bagi anda yang akan melakukan pendakian gunung, inilah beberapa olahraga ringan yang baik dilakukan sebelum melakukan pendakian:

Kardio
Kardio (kardiovaskular) adalah salah satu cara untuk memberikan kebugaran pada tubuh. Latihan kardio juga dikenal dengan nama aerobik. Untuk melakukannya pun tidak mahal. Latihan kardio ini sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Jogging
Jogging adalah jalan cepat atau lari kecil untuk menyerap oksigen dan membuat fungsi jantung agar bekerja lebih cepat dari biasanya. Anda bisa melakukan ini untuk mempersiapkan fisik sebelum pendakian.

Bersepeda
Selain kardio dan Jogging, bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Memperkuat Kerangka Tubuh, Menghalau Keluhan Sakit Pada Punggung, Menyeimbangkan Sistem Metabolisme dan Mempertahankan Daya Tahan Tubuh. Sangat berguna bagi kesehatan dan menguatkan fisik anda.

Naik-turun tangga
Mungkin anda heran dengan olahraga ringan yang satu ini, ingatlah bahwa melakukan pendakian tidak melulu naik, tapi juga perlu turun!. Latih kaki anda untuk terbiasa mendaki dan turun dengan melakukan olahraga ringan naik-tubun tangga. Manfaat lainnya yang bisa anda rasakan juga dapat Menguatkan otot dan Memperkuat Jantung.

Squat jumps dan Push-up
Kekuatan otot paha dapat dilatih dengan melakukan Squat Jumps. Yaitu lompatan yang diulang-ulang beberapa kali sekitar 5-30x. Sedangkan untuk memperkuat otot tangan anda bisa melakukan Push-up, semampunya saja. Bisa 10-20x sehari.

Melatih pernapasan
Teknik latihan pernafasan untuk apa? suapaya anda tidak ngos-ngosan saat melakukan pendakian! latih pernafasan sebelum naik gunung. Lakukan setiap hari, caran sederhananya; setiap pagi atau sore sempatkan waktu senjang untuk menarik nafas dan mengelurkannya secara perlahan, lakukan 5-10 menit dan bisa diulang-ulang sampai nafas anda terasa sangat lega.

Berenang
Masih dalam mempersipakan pendakian dengan melatih peranfasan. Berenang merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa anda pilih. Berenang dapat Membantu melatih pernafasan, Melatih otot agar menjadi lebih kuat, Menjaga tubuh agar terus segar bugar dan Dapat membantu melancarkan fungsi jantung juga paru.

Olahraga pagi
Yang terakhir yaitu membiasakan diri dengan cuaca dingin, melakukan aktivitas olahraga di waktu pagi. Bisa memanfaatkan waktu senjang setelah subuh. Olahraga yang bisa dipilih jogging dan senam. Baca juga: Olahraga Pagi Menjaga Kesehatan Tubuh

Lakukan olahraga ini jauh-jauh hari sebelum pendakian. Agar fisik bisa menjadi lebih kuat untuk berangkat mendaki gunung. Pastikan jangan terlalu memaksakan diri, mencegah agar tubuh tidak drop. Lakukan secara perlahan agar tubuh terbiasa.