Nuansa Bening Curug Pamutuh

fajaryuga.com – Curug pamutuh terletak di Kecamatan Sariwangi Desa Gegerhanjuang, Singaparna kabupaten Tasikmalaya. Jika berangkat dari kota tasikmalaya, perjalanan memakan waktu kurang lebih 1,5jam, itu pun tergantung menjalankan kecepatan kendaraan yang kita bawa. Dan untuk kendaraan baik motor/mobil bisa kita parkir disana,persis dihalaman letak tugu GEGERHANJUANG berada.

Tugu GEGERHANJUANG bisa di sebut prasasti peninggalan semasa kerajaan GALUNGGUNG, dari parkiran ke lokasi curug,perjalanan yang di tempuh berkisar 1jam,memulai perjalanan kita memasuki perkebunan warga, hingga tiba di jalur irigasi kita belok ke kiri hingga sampai di pintu air pertama.

Dari pintu air pertama kita berjalan menyusuri aliran sungai, debit airnya tidak terlalu deras dan kita bisa memilah-milah jalan yang kita rasa aman. Selama perjalanan menuju curug pamutuh sisi kiri dan kanan kita adalah tebing yang tinggi nya berkisar antara 10-20mtr yang mengaping aliran sungai tersebut hingga ke titik point yaitu curug pamutuh.

Dokumentasi Curug Pamutuh Tasikmalaya

Eksotisme curug pamutuh adalah air nya yang belum terkontaminasi air sawah dan semacam nya,pasal nya curug tersebut berada di ketinggian kurang lebih 546.mdpl,aliran air tersebut menjadi sumber utama bagi warga sekitar.

Eloknya alam sekitar membuat kita semakin nyaman dalam perjalanan menuju curug. Sekitar 100 meter menuju curug kita akan melihat longsoran dari dinding sebelah kiri yang terjadi sebelum saat gempa kemarin, setelah melewati longsoran tibalah kita di curug pamutuh. Di antara himpitan dinding yg berjarak 3-5mtr,air yang bening dan sedikit kebiru-biruan bak greencanyon di pantai pangandaran.

Sebelum melihat curug kita mesti berenang kurang lebih dari tempat kita duduk berkisar jarak 1-3mtr dengan kedalaman yang bervatiatip. Ada baik nya menuju curug ini kita mempersiapkan keamanan saat berenang, seperti membawa pelampung atau ban dalam mobil agar kita merasa tenang (safety).

Dan sebelum beranjak menuju curug ini, ada baiknya kita lihat sikon cuaca didaerah kita, untuk rekan-rekan diluar jawabarat mungkin bisa lihat sikon cuaca untuk provinsi jawabarat. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut yang di himpit oleh dinding,dan jika curah hujan dengan intensitas tinggi tiba ditakutkan terjadi hal-hal yang tak di inginkan oleh rekan-rekan semua, mungkin rekan-rekan pun mengerti. Dan jika rekan-rekan berkunjung kesana jangan lupa bawa kantong sampah (trashbag) untuk sampah makanan yang kalian bawa. Kalau sembarang, mungkin lokasi curug tak akan asri lagi, yang ada tercium bau busuk sampah.

Cintai lingkungan dimana pun kita berada, sehingga kelak lingkungan yang memberi arti dimana pun kita berada. Cukup demikian cerita perjalan/informasi yang saya buat. Jika ada salah-salah kata mohon dimaklum. Salam hormat untuk rekan-rekan seluruh nusantara.

Post & Doc: Ibay