Manajemen Perjalanan Pendakian Gunung Yang Perlu Diketahui

manajemen perjalanan pendakian gunung

Keberhasilan pendakian gunung dapat didukung dengan adanya manajemen perjalanan yang benar. Bagi anda para pendaki pemula yang sama sekali tidak pernah mendaki gunung. Atau tidak pernah mengikuti pendidikan dasar pendakian gunung. Simak di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Ketika anda hendak berangkat untuk mendaki gunung.

Manajeman perjalanan meliputi; Perencanaan Perjalanan, Pemilihan Peralatan, Logistik, Packing, Sosiologi Pedesaan dan Outdoor Leadership. Rencanakan perjalanan pendakian anda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Segera lengkapi peralatan yang anda butuhkan. Siapkan logistik dan urus perijinan serta surat jalan untuk pendakian. Poin penting yang perlu diperhatikan adalah;

Perencanaan Perjalanan:

  • Pemilihan Lokasi
  • Pengumpulan Data Transfortasi
  • Latihan Fisik

Pemilihan Peralatan:

  • Pakaian
  • Sepatu
  • Ransel
  • Sleeping Bag
  • Tenda
  • Alat Masak
  • P3K

Pemilihan Logistik:

Sosiologi Pedesaan
Kita perlu pendekatan terhadap lingkungan sekitar gunung yang akan didaki. Penting menyiapkan ini untuk kelancaran pejalanan kita. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari mayarakat secara keseluruhan.

Hubungan antara manusia dengan manusia, kelompok baik secara formal maupun material. Sedangkan pedesaan berasal dari kata desa. Sebutan sebuah tempat tinggal atau kesatuan masyarakat dalam wilayah yang jelas.

Kaitannya dengan perjalanan pendakian gunung ini adalah kita harus bisa menghormati dan memperhatikan segala bentuk peraturan di wilayah desa yang akan kita lewati. Ini sebenarnya ada pada poin 4 pada kode etik pecinta alam indonesia.

Yaitu “menghormati tata kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitarnya serta menghargai manusia dengan kerabatnya”. Sosiologi pedesaan ini silahkan persiapkan dengan mencari informasi. Seperti apakah kebiasaan dan budaya di desa yang akan kita lewati nanti.

Outdoor Leadership
Salah satu keberhasilan pendakian gunung dapat didukung dengan adanya leader yang hebat. mampu bertindak sebagai pemimpin, mengatur semua hal dalam pendakian. Sang pemimpin tidak harus jago panjat tebing, atau ahli dalam penggunaan peta dan kompas. Seorang pemimpin yang diperlukan adalah yang bisa mengorganisir, piawai dalam hal pengaturan.

Outdoor leadership ini meliputi kemampuan compatence, self-Awareness, mampu menilai kemampuan dan memutuskan dalam segala situasi. Seorang pemimpin ini juga harus memiliki kemampuan untuk memberikan toleransi pada kemalangan dan hal yang tidak pasti.

Aktif, cerdas membangun komunikasi dalam kelompok dan yang terakhir adalah Expedition Behavior. Yaitu kemampuan merencanakan dengan baik dan terperinci.

Itulah beberapa tips manajemen perjalanan pendakian gunung. Pada artikel selanjutnya, saya akan bahas secara terperinci tentang manajemen pendakian gunung ini. Terimakasih telah berkunjung, share apabila bermanfaat dan silahkan koreksi apabila terdapat kesalahan melalui kolom komentar di bawah.