Manajemen Logistik Pendakian Gunung Yang Perlu Diketahui

manajemen logistik

Logistik mencakup pada bahan makanan yang harus Anda bawa saat pendakian gunung. Sama halnya dengan memilih alat, logistik juga sangatlah penting. Seringkali, pendaki pemula salah memilih jenis makanan untuk pendakian sehingga malah menjadi penghambat perjalanan.

Agar pendakian Anda berjalan sesuai rencana, maka Anda harus memperhatikan tahapan pemilihan logistik ini. Hendaknya Anda lebih teliti beberapa faktor berikut ini:

Lama pendakian
Perkiraan banyaknya bahan makanan dan bahan bakar sangat berkaitan dengan lamaya perjalanan Anda. Bahkan pada saat Anda memulai pendakian, logisitik haruslah sudah diperhitungkan. Anda harus bisa memperhitungkan bahan makanan untuk lamanya pendakian yang akan Anda lakukan.

Jumlah anggota pendakian
Jika Anda lebih suka mendaki gunung secara berkelompok. Logisitik harus benar-benar dapat mencukupi semua kebutuhan kelompok Anda. Kalkulasikan jumlah anggota dengan lamanya pendakian Anda.

Berbelanja sebelum pendakian
Logistik sebaiknya sudah Anda persiapkan saat Anda memulai perjalanan dari rumah. Artinya, logistik sebaiknya tidak dibeli secara mendadak. Anda harus membelinya sebelum hari pendakian dimulai. Memang ada banyak toserba dan pasar untuk membeli bahan makanan, tapi tidak ada banyak waktu lagi jika bertepatan dengan hari keberangkatan Anda.

Sumber mata air
Selain harus berbelanja logistik sehari sebelum hari keberangkatan, Anda juga harus tahu sumber mata air. Ini terkait dengan kebutuhan tubuh Anda terhadap cairan. Anda harus benar-benar mencari informasi dimana adanya sumber mata air, untuk kebutuhan Anda dalam pendakian.

Selera anggota pendakian
Memperhatikan nutrisi yang terkandung didalam bahan makanan yang dibawa dan menyesuaikanya dengan selera setiap anggota pendakian merupakan ide yang bagus untuk melengkapi manajemen logisitik dalam pendakian.

Perencanaan ini akan menjadi kompleks, dan akan banyak point-point yang tidak penting dapat dihilangkan. Misalnya, ada jenis makanan yang tidak disukai anggota dan mungkin juga ada makanan pantangan makanan dari anggota karena mempunyai penyakit contohnya alergi.

Tipe pendakian
Anda dapat membawa makanan yang relatif sedikit jika Anda mengutamakan kecepatan dalam pendakian. Lain lagi dengan tipe pendakian yang santai atau menargetkan waktu yang fleksibel. Anda harus menekankan semua logistik cukup untuk perjalanan Anda, baik itu dalam tipe pendakian cepat ataupun santai.

Faktor beratnya logistik
Beberapa jenis makanan mempunyai bobot yang cukup berat, seperti beras. Maka Anda harus bisa menyesuikan berat makanan yang bisa Anda bawa atau yang bisa kelompok Anda bawa tanpa harus mengeluh karena terlalu berat membawa bahan makanan.

Pantangan masyarakat setempat
Ada banyak daerah yang masih melarang pendaki membawa makanan pantangan. Ini juga terkait pada habitat binatang pemangsa yang masih banyak ditemui di pegunungan. Sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan jenis makanan yang akan dibawa dengan lokasi atau tempat yang akan Anda datangi.

Semakin sering Anda melakukan pendakian maka akan semakin banyak pengalaman dengan berbagai jenis logistik yang sesuai menurut selera dan kecocokan Anda.

Dengan memperhatikan manajemen logistik dalam pendakian gunung ini, Anda akan lebih baik dan bisa mengefektifkan perjalanan yang akan Anda tempuh. Kecermatan dalam perencanaan logistik ini juga terkait dengan faktor sering atau tidaknya Anda melakukan perjalanan pendakian. Semoga bermanfaat!