Jalur Pendakian Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya

Galunggung adalah gunung berapi dengan ketinggian 2167 Mdpl, berada di jawa barat tepatnya di Kabupaten Tasikmalaya. Di gunung ini terdapat beberapa tempat yang menjadi daya tarik obyek wisata dengan lokasi yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan dan berjalan kaki.

Apabila Anda ingin berkunjung ke gunung galunggung ini dengan menggunakan transportasi umum, Anda bisa langsung saja menuju terminal Tasikmalaya di Indihiang. Dari Indihiang ada angkutan umum dengan trayek Indihiang-Cipanas galunggung. Ongkosnya Rp.5000,-. Di gerbang pintu masuk Anda harus mebeli tiket seharga Rp.4500,-.

Dari gerbang pintu masuk tersebut ada dua jalan, yang pertama lurus dan belok kiri menanjak. Kedua jalan ini ujungnnya tetap sama, yaitu di kawah gunung galunggung. Jalan ke kiri menanjak adalah untuk kendaraan roda dua dan empat menuju ke kawah, sedangkan jalan yang lurus tersebut menuju cipanas, dimana terdapat kolam pemandian.

Dari gerbang pintu masuk ini tergantung Anda, apakah ingin melanjutkan dengan menaiki ojek untuk ke tangga kawah atau langsung berjalan kaki melewati jalur hutan. Bisanya saya selalu mengambil jalan lurus, melewati kolam pemandian air panas lalu melanjutkan ke jalur hutan untuk mencapai kawah gunung galunggung.

jalur galunggung
Ini jembatan kecil sebelum tugu patokan ke jalur hutan
jalur pendakian galunggung
Dari tugu ini, untuk sampai di kawah, silahkan berjalan ke jalur kanan menuju hutan
jalur pendakian gunung galunggung
Istirahat sejenak di jalur hutan menuju kawah

Dari gerbang pintu masuk apabila berjalan kaki bisa membutuhkan waktu 2-3 jam untuk sampai di kawah galunggung. Lebih cepat menggunakan kendaraan, hanya dengan 15-20 menit untuk sampai di tangga kawah, lalu melanjutkan menaiki tangga sekitar 30-60 menit (tergantung fisik Anda).

pendakian gunung galunggung
Puncak kepundan kawah, terlihat di belakang kawah gunung galunggung

Setelah sekian jam anda berjalan, Anda akan sampai di puncak kepundan dari kawah galunggung. Jika Anda berbalik maka akan melihat pemandangan kota Tasikmalaya dan jika Anda melihat kedepan, maka akan terlihat keindahan kawah gunung galunggung. Dari atas kepundan tersebut, Anda juga bisa turun untuk merasakan air danau kawah gunung galunggung. Untuk turun ke danau, Anda membutuhkan waktu 20-30 menit dengan berjalan kaki.

danau kawah gunung galunggung
Danau kawah gunung galunggung

Itulah informasi tentang jalur pendakian gunung galunggung yang bisa saya bagikan kepada Anda. Jika ada pertanyaan seputar gunung galunggung, silahkan sampaikan pada form komentar di bawah ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat.