Gunung Galunggung

gunung galunggung

Gunung galunggung merupakan salah satu primadona wisata alam yang berada di tasikmalaya jawa barat. Gunung aktif ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik dari dalam atapun dari luar tasikmalaya.

Dengan ketinggian 2167Mdpl, galunggung dikenal memiliki 620 anak tangga yang menjadi jalur utama menuju puncak kepundan atau lereng kawah, dimana saat sampai diatas kepundan ini, kita akan melihat pemandangan yang begitu indah.

Selain itu, beberapa diantara titik lokasi yang menjadi daya tarik pengunjung adalah kolam renang air panas, curug dan kawasan hutan lindungnya. Gunung galunggung bisa menjadi pilihan liburan keluarga yang komplit.

Mulai dari mengunjungi kawah, lalu turun menuju kolam renang, menyaksikan deburan curug dan diakhiri dengan kumpul keluarga sambil membuka perbekalan.

Gunung Galunggung Tasikmalaya

Gunung galunggung tepatnya terletak di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya. Dari pusat kota kita bisa langsung menuju indihiang ataupun melewati jalur bantar. Bisa juga lewat singparna. Akses jalan bisa menggunakan motor ataupun mobil. Untuk jarak tempuh, dari pusat kota kira-kira menghabiskan waktu 30 menit sampai di parkiran atas menuju bibir kawah.

Dari gerbang depan ada dula pilihan jalur, yaitu arah ke kiri menanjak menuju kawah dan lurus arah ke kolam renang air panas, cipanas dan curug. Jika kita memilih jalur ke kiri menanjak maka sekitar 15-20 menit akan sampai di parkiran terakhir dan kita harus melanjutkan perjalanan menuju kawah dengan berjalan kaki. Jalanan dari gerbang depan ke parkiran terakhir sedikit rusak. Di jalan menanjak ini kita harus selalu berhati-hati demi keselamatan.

Ketika kita sampai di lokasi parkiran terkahir, untuk sampai di bibir kawah kita harus mulai berjalan kaki. Dari sini ada dua juga jalur yang bisa dipilih. Yang pertama jalur utama yaitu melewati 620 anak tangga dan melalui hutan vegetasi. Untuk jarak dan waktu tempuh sama saja. Dari jalur-jalur inilah kita mulai mendaki. Sekitar 20-30 menitan berjalan kita akan sampai di puncak kepundan kawah gunung galunggung. Disinal semua lelah akan terbayar.

Hijau danau kawah galunggung akan nampak. Dua puncak bukit kecil berdiri tegak di areal danau tersebut. Lalu sejauh mata memandang kedepan, maka akan terlihat tebing tinggi menjulan mengelilingi kawah tersebut.

Ketika pandangan berbalik arah saat naik, kita juga akan disuguhkan pemandangan kota tasikmalaya. Disinilah biasanya orang ramai berfoto sambil menyaksikan keindahan alam galunggung dan melepas lelah.

Objek Wisata Gunung Galunggung

Apabila kita ingin merasakan hangatnya kolam renang air panas, cipanas dan curug galunggung, ketika digerbang depan ambil jalan lurus. Kira-kira 2-5 menit kita akan sampai dilokasi parkiran. Lalu berjalan kaki menuju kolam renang air panas.

Dari area kolam renang terdapat jalan menuju cipanas, yaitu sungai-sungai kecil yang mengalir air hangat. Cocok untuk memanjakan kaki. Jika ingin ke lokasi curug galunggung, dari cipanas bejalan kaki kira-kira 10-20 menitan akan sampai di lokasi. Air dari curug ini normal (tidak panas).

Untuk administrasi, kita harus membayar di gerbang depan. Serta membayar lagi di portal menuju kawah dan di gerbang pintu masuk menuju curug. Selain itu, ada juga biaya administrsi untuk parkir kendaraan.

Itulah sekilas tentang objek wisata alam gunung galunggung yang bisa saya sampaikan. Ada banyak kekurangan dari tulisan ini, harap dimaklum. Semoga bermanfaat dan sedikitnya mudah-mudahan menjadi informasi bagi Anda yang ingin berkunjung ke gunung galunggung. Aamiin