Gunung Cikuray Jalur Dayeuh Manggung

Gunung Cikuray Jalur Dayeuh Manggung

Cikuray adalah gunung yang berada di wilayah Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Merupakan gunung ke empat tertinggi setelah gunung ciremai, dan gede pangrango. Gunung cikuray memiliki ketinggian 2.821Mdpl, terletak di kecamatan Dayeuh Manggung, Bayongbong dan Cikajang.

Meskipun ada beberapa jalur yang bisa digunakan untuk mencapai puncak cikuray, dayeuh manggung tetap menjadi jalur favorit dan paling populer dikalangan para pendaki gunung indonesia.

Pesona alam, kemudahan transfortasi dan jalur yang jelas menjadi sebagian alasan kenapa jalur ini paling sering digunakan sebagi alternatif untuk mecapai puncak. Banyak juga yang menyarankan bagi para pendaki pemula atau yang belum pernah mendaki gunung cikuray untuk memilih jalur ini.

Gunung Cikuray Jalur Dayeuh Manggung

Jalur dayeuh manggung bisa dilalui dari desa dayeuh manggung cilawu kabupaten garut. Patokan titik awal pendakian bisa dimulai dari patrol. Dari patrol para pendaki biasanya langsung saja menempuh perjalanan dengan jalan kaki untuk sampai di pemancar.

Tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan jasa ojek, untuk menghemat tenaga. Pemancar adalah salah satu tempat dimana terdapat pemancar station televisi, baru-baru ini di pemancar ada warung, WC dan sekarang para pendaki dikenakan amdinistrasi pendaftaran.

Dari pemacancar TV bisa langsung memulai perjalanan pendakian, melewati kebun teh yang luas. Menghabiskan waktu sekitar 10 menit anda akan mulai memasuki gerbang hutan yang ditandai dengan mulai rimbunnya jalur karena terkurun oleh pepohonan.

Dari pemancar TV tadi sekitar 45 menit anda akan sampai ke pos 1. Medan pendakian tidak terlalu rumit, meskipun rimbun. Dari pos 1 jalur sudah terus menanjak dengan pijakan yang dihiasi oleh akar-akar pohon. Sekitar menghabiskan waktu 30 menit.

Sepanjang perjalanan dari pos 1 sampai dua pepohonan tetap melindungi jalur dari terik matahari. Selanjutnya, medan semakin menanjak lalu akan sampai di pos 3 tiga kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit, dari pos 3 ke pos 4 sama sekitaran 30 menit. Sedangkan dari pos 4 sampai ke pos 7 membutuhkan waktu 2 jam 20 menit.

Di pos tujuh ada lahan untuk mendirikan tenda, biasanya para pendaki akan melanjutkan pendakian keesokan harinya untuk menikmati suasana puncak dan sunrise. Tapi tidak sedikit juga yang memilih mendirikan tenda di puncak. Keuntungan memilih mendirikan tenda di pos 7 yaitu bisa terhindar dari angin. Pos 7 scukup dekat dari puncak, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja pendaki bisa sampai di puncak gunung cikuray.

Kesimpulan:
Pendakian untuk mencapai puncak gunung cikuray bisa ditempuh dengan waktu sekitar 5-6 jam. Itu di tempuh dengan kondisi fisik yang sehat. Banyak para pendaki yang hanya membutuhkan waktu lebih singkat dari itu, tapi dengan fisik dan mental yang sudah terbiasa.

Bagi para pemula, ambil patokan saja menargetkan waktu sekitar 7 jam agar lebih tidak terburu-buru saar melakukan pendakian, usahakan berangkat pagi.

Dilokasi puncak, terdapat sisa bangunan pemancar TV yang biasanya digunakan untuk mendirikan tenda. Tapi jangan jadi patokan, karena kita tidak tahu apakah bangunan tersebut kosong ataukah sudah ada yang mendirikan tenda lebih dulu daripada kita.

Di puncak cikuray juga pemandangannya luar biasa indah. Salah satu alasan kenapa banyak pendaki yang ketagihan ke puncak cikuray adalah sunrise dan sunsetnya. Lebih lagi terpangpang jelas panorama gunung guntur dan papandayan.