31 Film Petualangan dan Survival Yang Perlu Anda Tonton

Vertical Limit (2000)

Jika Anda suka film dan gemar melakukan petualangan serta ingin tahu sedikit tentang teknik survival, 31 film ini bisa menginsiprasi Anda. Film, fiktif maupun diambil dari cerita nyata ini dapat menambah wawasan Anda dan menjadi bekal ketika hendak melakukan aktifitas alam bebas atau outdoor. Dalam film-film ini diceritakan tentang bertahan hidup, teknik survival serrta solusi-solusi ketika mendapatkan kesulitan ketika berpetualang.

Film Petualangan dan Survival

31 film ini bisa Anda tonton secara online, melalui situs streaming ataupun membeli kasetnya secara langsung di toko terdekat tempat tinggal Anda. Semua film yang akan saya informasikan ini berisi petualangan, opini petualang, serta berbagai dinamika yang dapat ditemukan ketika berkegiatan di alam bebas. Berikut 31 Film Petualangan dan Survival Yang Perlu Anda Tonton:

1.127 Hours

127 hours
Film ini muncul di tahun 2010 tentang biografi petualangan yang ditulis, diproduseri, dan disutradarai oleh Danny Boyle. Film ini dibintangi James Franco sebagai pendaki gunung yang bernama Aron Ralston, yang terperangkap batu di Robbers Roost, Utah pada April 2003.

Ada banyak sisi baik dari film ini yang patut diambil sebagai hikmah. Berbagai macam teknik, pengenalan alat, serta hal-hal yang dapat muncul ketika Anda terperangkap dan tidak bisa keluar dari kesulitan dapat Anda temukan dalam film 127 Hours ini.

2.Seven Years in Tibet

Seven Years in Tibet
Film drama perang biografi Amerika 1997 berdasarkan 1952 buku dengan nama yang sama ditulis oleh pendaki gunung Austria Heinrich Harrer. Pengalamannya di Tibet antara tahun 1944 dan 1951 selama Perang Dunia II, periode interim, dan orang Cina invasi tentara pembebasan Tibet pada tahun 1950. Disutradarai oleh Jean-Jacques Annaud dan dibintangi oleh Brad Pitt dan David David Thewlis, Skor disusun oleh John Williams dan fitur pemain cello Yo-Yo Ma.

Film yang dibintangi oleh Brad Pitt ini mengisahkan tentang seorang pendaki gunung yang bertahan selama 7 tahun di tibet. Akibat perang dunia ke II, Heinrich Harrer terpaksa harus dipenjara selama beberapa tahun dan dia berhasil kabur serta bertahan hidup selama 7 tahun di tibet. Hingga pada akhirnya Heinrich Harrer dapat pulang kembali setelah mengalami mas sulitnya di tibet.

3.Into the Wild

Into the Wild
Film ini dibintangi Emile Hirsch sebagai McCandless, dan Marcia Gay Harden dan William Hurt sebagai orang tua, dan fitur Jena Malone, Catherine Keener, Vince Vaughn, Kristen Stewart, dan Hal Holbrook.

Film yang diambil dari kisah nyata ini, Christopher McCandless, warga Amerika, meninggalkan semua uang yang ia miliki kemudian menumpang sebuah mobil menuju Alaska untuk menjalani hidup di alam liar.

4.The Revenant

The Revenant
The Revenant adalah film drama epik Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Alejandro González Iñárritu dan diproduseri oleh Arnon Milchan, Steve Golin, Alejandro González Iñárritu, Mary Parent, Keith Redmon dan James W. Skotchdopole.

Dikisahkan kawanan pemburu kulit rusa yang bertikai dengan suku indian. Leonardo DiCaprio sebagai bintang utama dari film ini tampil sebagai salah satu dari pemburu tersebut dan melalui bebagai kesulitan ketika menghadapi suku indian bahkan pengkhianatan yang terjadi oleh kelompoknya sendiri.

5.Everest

Everest
Everest adalah sebuah film drama thriller pertahanan hidup petualangan-bencana biografi Amerika-Britania 2015 yang disutradarai oleh Baltasar Kormákur dan ditulis oleh William Nicholson dan Simon Beaufoy, yang dibintangi oleh Jason Clarke, Josh Brolin, John Hawkes, Robin Wright, Michael Kelly, Sam Worthington, Keira Knightley, Emily Watson, dan Jake Gyllenhaal.

6.North Face 2008

North Face 2008
North Face (Jerman: Nordwand) adalah sebuah film fiksi sejarah Jerman 2008 yang disutradarai oleh Philipp Stölzl dan dibintangi Benno Fürmann, Florian Lukas, Johanna Wokalek dan Ulrich Tukur. Berdasarkan Usaha 1936 yang terkenal untuk mendaki Eiger north face, film ini tentang dua pendaki Jerman yang terlibat dalam sebuah kompetisi untuk memanjat gunung paling berbahaya di Alpen.

7.Life of Pi

Life of Pi
Diangkat dari novel laris karya Yann Martel, film ini mengisahkan tentang Pi Patel, anak seorang penjaga kebun binatang. Hidup miskin di Pondicherry, India, mereka mencoba peruntungan dengan hijrah ke Kanada dengan menumpang kapal pengangkut barang. Kerusakan kapal membuat Pi terdampar di tengah Samudra Pasifik dengan seekor zebra, hyena, orang utan, dan macan bernama Richard Parker. Mereka berusaha bertahan hidup di tengah ganasnya lautan.

8.Cast Away

Cast Away
Cast Away merupakan sebuah film yang dibuat oleh 20th Century Fox dan DreamWorks. Film ini menceritakan karyawan FedEx terdampar di pulau yang sepi setelah melakukan penerbangan di Pasifik bagian selatan.

9.Meru

Meru
Meru adalah film dokumenter yang mencatat rute pendakian pertama “Shark’s Fin” di Meru puncak di Himalaya India. Disutradarai oleh pasangan Jimmy dagu dan Elizabeth Chai Vasarhelyi dan memenangkan penghargaan film dokumenter US audiens di 2015 Sundance Film Festival.

10.Sanctum

Sanctum
Film survival ini peru Anda tonton. Diproduksi oleh Relativity Media dengan FilmNation Entertainment dan Wayfare Entertainment, disutradarai oleh Alister Grierson. Film ini bercerita tentang caving dan teknik-teknik bertahan hidup di dalam goa.

11.The Secret Life of Walter Mitty

The Secret Life of Walter Mitty
Kisah Walter Mitty (Ben Stiller), manajer urusan negative assets untuk majalah Life, adalah seseorang yang hidupnya sangat monoton dan penuh tekanan. Bertahun-tahun menatapi ribuan foto sarat petualangan namun tak pernah sekalipun mengalami ‘petualangan’ itu membuatnya menuangkan segala ketidakmampuannya dalam lamunan yang liar namun bisa membawanya merasa superior.

Hingga akhirnya pertemuannya dengan wanita yang menggugah hatinya, Cheryl (Kristen Wiig), serta ancaman ditutupnya majalah tempatnya bekerja memaksa Walter untuk bangun dari pertualangannya dalam lamunan dan menjalani petualangannya yang sebenarnya.

12.The Way 2010

The Way 2010
Seorang ayah yang mengembara ke luar negara untuk membawa pulang mayat anaknya yang meninggal dunia ketika mengembara “El camino de Santiago,” dan pada akhirnya seorang ayah tersebut memutuskan untuk melanjutkan perjalanan anaknya sebagai tanda penghormatan serta keinginannya untuk menyelasaikan petualangan anaknya, yang bernama daniel.

13.Wildlike 2014

Wildlike 2014
Tinggal dengan pamannya di Alaska sementara ibunya dalam pengobatan, Mackenzie, melarikan diri karena perhatian pamannya ternyata membahayakan kemudian memulai perjalanan melintasi padang gurun. Paman Mackenzie tega menidurinya dan membuat dirinya ketakukan dan ingin meninggalkannya. Dan Mackenzie pergi melakukan petualangannya ke pegunungan.

14.Wild

Wild
Film ini bercerita tentang seorang wanita yang melakukan petualagan. Perjalanan Cheryl Strayed melintasi Gurun Mojave dengan jarak lebih dari 1.000 mil yang menyakitkan namun juga menginsipirasi. Film ini menurut saya sedikit mengandung unsur pornografi karena ada adegan diatas ranjang.

Cerita dimulai dengan Cheryl Strayed yang memutuskan untuk melakukan hiking melintasi Amerika dimulai dari perbatasan Meksiko hingga Oregon. Selama perjalanan, Cheryl yang sama sekali tak berpengalaman hiking yang membawa segala macam peralatan dengan tas ranselnya yang luar biasa besar.

15.INTO THIN AIR- Death on Everest

INTO THIN AIR- Death on Everest
Film ini diangkat dari kisah nyata yang ditulis oleh seorang jurnalis majalah petualang bernama Jon Krakauer. Ia mendapat kesempatan untuk mendaki Everest yang dipimpin oleh seorang pemandu handal : Rob Hall. Awalnya Jon menyatakan bahwa ia hanya sampai basecamp Everest saja dan membuat laporan tentang pendakian komersial tentang ekspedisi ini. Namun pada akhirnya memutuskan untuk ikut dalam tim pendakian dengan alasan bahwa melihat gagahnya Everest membangkitkan kembali semangat dan cita-cita yang sangat ia inginkan sejak kecil.

Dalam waktu yang bersamaan, tim ekspedisi lain yang dipimpin Scott Fisher pun akan melakukan pendakian. Rob Hall dan Scott Fisher adalah dua pendaki terhebat di dunia yang berhasil melakukan ekspedisi sampai ke puncak dunia (Everest). Namun setelah itu mereka berdua menjadi pesaing dalam sebuah agensi pemandu pendakian komersial. Ekspedisi ini dilakukan Pada 10 Mei 1996 bersama klien mereka masing-masing. Dalam Pendakian ini tim dibantu oleh para sherpa, Lopsang dan Ang Dorje dalam mempersiapkan peralatan dan perlengkapan mendaki, sekaligus sebagai porter pendakian.

 

16.A Walk in the Woods

A Walk in the Woods
A Walk in the Woods mengikuti perjalanan dari sang penulis, Bill Bryson (Robert Redford) dalam menaklukan hikingnya di Appalachian Trail. Kendati sadar dengan usianya yang tak lagi muda, dia tetap bersemangat untuk mendaki Appalachian Trail dengan salah satu temannya tertuanya.

Appalachian Trail adalah salah satu wisata hiking yang memiliki jarak terpanjang di dunia. Wisata ini memiliki jarak tempuh sekitar 2.200 mil (3.500 KM). Selain Robert Redford, ‘A Walk in the Woods’ juga turut dibintangi oleh Nick Nolte, Emma Thompson, Nick Offerman, Kristen Schaal, Mary Steenburgen as Jeannie, Derek Krantz, Sandra Ellis Lafferty, dan Linds Edwards.

17.In the Heart of the Sea

In the Heart of the Sea
Film”In The Heart Of The Sea bercerita tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 1820. Saat itu ada sebuah kejadian yang dihadapi para kru sebuah kapal.

Mereka harus menghadapi Ikan Paus yang besar di perairan Essex, Inggris. Para kru kapal harus menghadapi serangan ikan Paus raksasa yang ingin menghancurkan kapal mereka.

18.The 33

The 33
Film barat berjudul “The 33” ini merupakan film yang menceritakan berdasarkan kisah nyata yang terjadi di Chile pada tahun 2010, terdapat 33 penambang yang terperangkap akibat bencana ledakan di tambang emas dan tembaga. 33 penambang tersebut terperangkap selama 69 hari di dalam area pertambangan.

Dengan bantuan dari tim internasional yang bekerja keras siang malam agar menemukan jalan keluar dan menyelamatkan ke 33 penambang yang terperangkap. Keluarga, teman-teman dan anak-anak serta jutaan orang di seluruh dunia memberikan dukungan dan menunggu sebuah kabar di antara cemas dan berharap.

19.The Himalayas

The Himalayas
Film The Himalayas merupakan film drama petualangan yang diangkat dari kisah nyata. Film ini disutradarai oleh Seok-hoon Lee. Film The Himalayas digarap oleh rumah produksi JK Film.

Sinopsis The Himalayas bercerita tentang Uhm Hong-Kil yang memimpin tim pendaki naik ke Everest untuk mencari jenazah seorang teman mereka yang tewas dalam sebuah ekspedisi di tahun 2005. Dengan kaki yang cedera, Uhm Hong-Kil beserta tim-nya menantang ganasnya badai demi “menyelamatkan” seorang teman.

20.The Way Back

The Way Back
The Way Back merupakan sebuah kisah tentang perang dunia kedua dimana selama perang dunia kedua, setelah invasi Soviet ke Polandia, seorang polisi militer muda bernama Janusz Wiszczek yang dituduh sebagai seorang POW dan di interogasi oleh NKVD. Para tentara Soviet tak mampu membuatnya mengatakan apakah ia seorang mata-mata atau bukan. Janusz pun kemudian dibawa ke penjara dan di pejara selama 20 tahun di Gulag di pedalaman Siberia.

21.EuroTrip

EuroTrip
Film ini bercerita seorang laki-laki yang sedang patah hati karena baru saja di putus pacarnya, berusaha untuk bertemu temannya yang berada di Eropa. Dia kemudian bertualang keliling Eropa bersama teman-temannya yang berasal dari Amerika demi mencari teman Eropanya.

22.The Road

The Road
Film ini bercerita tentang seorang lelaki dan anak lelakinya yang berjuang untuk bertahan hidup setelah hampir semua tanaman dan hewan terbunuh karena serangan sesuatu yang tak dikenal. Kehidupan manusianya menjadi amburadul dan banyak sekali kasus kanibalisme. Keduanya berjalan menuju selatan dengan harapan disana akan lebih hangat dan ada persediaan makanan. Ayahnya memiliki senjata sebuah revolver, tapi ia hanya membawa dua belas perluru.

23.The Grey

The Grey
Film ini mengisahkan sebuah tim yang bekerja pada pos pengeboran di Arctic mendapat kabar bahwa perusahaan akan memulangkan mereka untuk beristirahat. Akibat cuaca buruk, pesawat mereka jatuh.

Hanya sedikit yang selamat, salah satu di antaranya adalah Ottway, yang hanya pulang demi wanita yang dicintainya. Ia mengambil alih dan memimpin orang-orang dalam upaya untuk bertahan hidup dicuaca yang sangat dingin. Mereka menyalakan obor untuk menghangatkan tubuh namun hal itu menarik perhatian serigala-serigala di sekeliling mereka dan kemudian mendekati mereka.

24.Alive

Alive
Film ini diproduksi berdasarkan kisah nyata tim Rugby Uruguay, yang terdampar tersapu salju di pegunungan Andes dan terpaksa bertahan hidup dalam keputusasaan setelah pesawat yang mereka tumpangi terjatuh.

25.All Is Lost

All Is Lost
Film All Is Lost mengisahkan seorang pria yang tengah dalam pelayaran seorang diri, menemukan kapal pesiarnya bertabrakan dengan kontainer kargo. Dengan perbekalan semakin menipis, ia menyadari, kematian tengah menatapnya.

26.The Edge

The Edge
Dalam film ini, bercerita tentang seorang miliarder yang telah lanjut usia bernama Charles Morse. Di usianya yang sudah tidak lagi muda bukan menjadi penghalang bagi Charles untuk mendapatkan wanita yang cantik. Hal tersebut terbukti karena Charles memiliki seorang istri cantik yang lebih muda darinya bernama Mickey. Hingga suatu kali, Charles dan istrinya akan berlibur ke sebuah pulau yang indah bernama Alaska.

Mereka tidak hanya berdua saja, karena mereka juga mengajak dua orang lainnya. Yaitu Robert Bob yang merupakan seorang fotografer dan Stephen yang merupakan asisten dari Charles. Dengan menggunakan pesawat jet pribadi yang dimiliki oleh Charles, mereka semua berangkat menuju ke Alaska.

27.Lone Survivor

Lone Survivor
Film ini bagus untuk Anda yang tertarik dengan ilmu survival. Bercerita tentang tim SEAL dari angkatan laut Amerika Serikat yang ditugaskan untuk menangkap Ahmad Shah, pemimpin Taliban. Tim tersebut beranggotakan Michael P. “Murph”, dimana Murphy sebagai pemimpin, sniper Marcus Luttrell, Matt “Axe” Axelson, dan spesialis komunikasi Danny Dietz.

Tim SEAL dibawa masuk ke dalam kawasan Hindu Kush di Afghanistan, mereka membuat jalur melewati gunung. Di sana mereka harus berhadapan dengan masalah komunikasi, yang sebenarnya berperan sangat penting. Saat tiba di lokasi, mereka malah bertemu dengan seorang pengembala tua dan sekawanan kambing. Tim SEAL memutuskan untuk melepaskan mereka dan menggagalkan misinya, tapi sebelum mereka lari, mereka ditemukan oleh kelompok Taliban.

28.Nanga Parbat

Nanga Parbat
Kisah Film Pendakian Gunung Nanga Parbat ini juga merupakan kisah pendaki besar, Reinhold Messner, ketika mendaki gunung Nanga Parbat. Banyak kisah terjadi dalam proses pendakian itu, dianggap hilang dan mati, namun akhirnya berhasil kembali, meski turun pada tempat yang berbeda, India.

29.Vertical Limit (2000)

Vertical Limit (2000)
Film ini bercerita tentang seorang pendaki gunung terkenal bernama Royce Garret. Sudah banyak gunung dengan ketinggian luar biasa serta medan yang sangat berat berhasil ditaklukan oleh Royce Garret. Sehingga tidak heran apabila namanya sebagai seorang pendaki gunung begitu dikenal serta dihormati oleh banyak pihak luas. Nyatanya bakat serta kegemaran Royce kemudian diturunkan kepada dua anaknya.

Mereka berdua adalah Peter Garret dan Annie Garret. Semenjak kecil, mereka berdua sudah dilatih untuk panjat tebing dan juga melakukan berbagai aktifitas petualangan di alam bebas. Hal tersebut dilakukan untuk membuat mereka berdua menjadi pribadi yang kuat serta tangguh dalam menghadapi apapun yang nantinya bakal mereka jalani.

30.A Lonely Place to Die

A Lonely Place to Die
Film ini berkisah tentang lima orang pendaki gunung yang sedang melakukan hobinya di sebuah pegunungan Skotlandia. Lalu satu persatu harus kehilangan nyawanya setelah mereka menemukan seorang anak kecil yang dikubur hidup-hidup yang ternyata seorang anak kecil tersebut adalah seorang sandera.

Drama kejar-kejaran antara sang penculik dan kelompok pendaki ini berlangsung mengerikan, sampai pada akhirnya anak ini berhasil diselamatkan oleh salah satu dari mereka yang berhasil keluar dari pegunungan dan satu-satunya orang yang masih hidup.

31.Touching the Void

Touching the Void
Touching the Void Touching The Void merupakan film dokumenter yang berdasarkan buku oleh Joe Simpson berjudul sama. Film ini menceritakan sebuah sejarah 2 pendaki gunung es Siula Grande di Peru pada tahun 1985. Gunung ini setinggi 6344 dpl, lebih tinggi daripada puncak Cartenz di pegunungan jayawijaya, indonesia (4884 dpl).

Film Touching The Void merupakan kisah pengalaman nyata yang dialami oleh dua pendaki bernama Joe Simpson dan Simon Yates yang mencoba menaklukkan puncak Siula Grande itu. Dalam 32 hari mereka berhasil menaklukkan puncak dengang cukup mulus, akan tetapi keadaan akan berubah 180 derajat ketika mereka menuruni gunung.

Itulah 31 Film Petualangan dan Survival Yang Perlu Anda Tonton. Anda bisa menontonnya secara online di situs streaming ataupun membeli kaset DVD nya di toko terdekat tempat tinggal Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan serta inspirasi Anda ketika hendak melakukan kegiatan alam bebas.