Film Pendakian Gunung Terpopuler

film pendakian gunung

Film Pendakian Gunung Terpopuler – mengisi waktu luang biasanya saya membaca buku petualangan dan nonton film petualangan. Selain dapat menambah wawasan, membaca dan menonton film saya kira juga bisa menghilangkan suntuk dan melepas lelah.

Film seperti yang banyak orang katakan, yaitu gabungan antara seni dan industri yang memiliki nilai, terlebih film tersebut mengambil tema alam bebas. Selain menyampaikan pesan-pesan di dalamnya, sebuah film sangat menarik dan membuat penasaran dengan menambahkan lika-liku tantangan para tokoh yang diceritakan di dalam film itu sendiri.

10 Film Pendakian Gunung

Sedikitnya ada 10 film yang sudah saya tonton dan seringkali diputar ulang hanya untuk sekedar meningkatkan semangat pendakian gunung. Berikut 10 Film Pendakian Gunung yang sering saya tonton, dan katanya merupakan film-film tentang pendakian gunung yang sangat populer sepanjang masa.

1.Seven Years in Tibet 1997


Film ini katanya diambil dari kisah nyata seorang pemuda yang bertahan hidup di tibet selama 7 tahun. Perjalanan hidup seorang Heinrich Harrer, diperankan oleh Brad Pitt yang merupakan seorang pendaki gunung asal Austria, Jerman.

Heinrich adalah seorang yang keras kepala dan berani mengambil keputusan untuk pergi mendaki gunung Nanga Parbat dengan meninggalkan seorang istri yang tengah mengandung anaknya. Aroma petualangan, strategi pendakian dan tentunya bau tantangan alam bebas disuguhkan dalam film ini, sehingga saya kira Anda perlu menontonnya.

2.INTO THIN AIR – Death on Everest 1997


Film ini diilhami dari novel Jon Krakauer, seorang penulis yang menjadi saksi hidup atas peristiwa yang merenggut nyawa teman-teman seperjalanannya ketika mendaki gunung everest. Dua bintang pemandu pendakian yang sohor pada waktu itu adalah Rob Hall dan Scott Fischer yang juga turut gugur dalam ekspedisinya.

Jon Krakauer termasuk dalam tim Rob Hall yang menjadi seorang saksi hidup atas kejadian tewasnya beberapa pendaki gunung di everest tersebut. Dikisihkan di dalam film ini bagaimana proses pendakian gunung, persaingan antar kelompok pendaki yang berburu puncak everest dan bagaimana ganasnya cuaca yang dapat merenggut nyawa.

3.Touching the Void 2003


Touching the Void juga diambil dari kisah nyata dua pendaki gunung yaitu Joe Simpson dan Simon Yates. Dikisahkan dalam film ini seorang dari mereka yaitu Joe tergelincir saat mendaki gunung di Andes. Simon hanya dapat melihat Joe terperosok ke dalam jurang yang dalam. Sementara itu ketika keduanya bergelantungan pada satu anchor membuat simon berfikir bahwa harus ada yang selamat diantara mereka, akhirnya simon memilih untuk memutuskan tali tersebut dan Joe pun terjatuh.

Film ini saya kira bagus untuk bekal ketika kita hendak mendaki gunung. Ada banyak pelajaran, seperti keputusan-keputusan apa saja yang harus diambil ketika kondisi darurat dan apa saja yang harus dilakukan untuk bisa tetap bertahan hidup di alam bebas.

4.Vertical Limit 2000


Dalam film Vertical Limit ini Anda akan menjumpai beberapa adegan yang cukup menegangkan, juga akan terbawa suasana pendakian yang cukup ekstrim di himalaya. Film ini bagus untuk pengetahuan panjat tebing dan pendakian gunung.

5.Everest 2015


Film ini saya kira sama diilhami dari kisah Jon Krakauer pada film INTO THIN AIR- Death on Everest 1997. Tapi pemeran dan suasana pendakiannya sedikit berbeda.

6.North Face 2008


Film ini juga diambil dari kisah nyata, The North Face menampilkan pendakian gunung paling bergengsi kala itu, dua orang pendaki gunung yaitu Andi Hinterstoisser dan Toni Kurz. Keduanya berakhir dengan meninggal dunia karena fakrot cuaca dan kelalaian tim pendaki yang berada dibelakangnya.

Dikisahkan Andi Hinterstoisser dan Toni Kurz berangkat untuk mendaki gunung Eiger Nordwand (The North Face) dan tak disangka mereka berdua berada ditengah-tengah perjalanan pendaki lainnya yang juga berambisi untuk sampai ke puncak. Suasana pendakian dalam film ini berlangsung sangat dramatis dan heroik, meskipun sang pemeran utama tewas, film ini cukup memberikan pesan moral bagi semua pendaki.

7.Meru 2015


Film ini adalah film dokumenter, menceritakan tiga orang pendaki profesional yang bersabahat yaitu Conrad Anker, Jimmy Chin dan Renan Ozturk. Dikisahkan bahwa mereka akan menambah jam terbang kegiatan alam bebasnya dengan melakukan pendakian di himalaya namun gagal karena longsor salju.

Perjalanan ekspedisi menaklukan salah satu jalur pendakian tersulit yang ada di dunia itu merupakan jalur Shark’s Fin menuju salah satu dari tiga puncak Meru di pegunungan Himalaya.

Lalu mereka bertiga memutuskan untuk kembali setelah beberapa tahun kemudian dan belajar dari kegagalan sebelumnya. Dan mereka pun berhasil. Film ini sangat layak ditonton untuk para pendaki, selain memberikan pesan semangat pendakian juga terdapat sejarah pendakian jalur Shark’s Fin.

8.The Himalayas 2015


Film ini berawal dengan cerita tentang pendakian gunung Kanchenjuga. Kisah dua orang sahabat yaitu Hong Gil dan Mu Taek yang melewati kondisi sulit dan menyebabkan keduanya celaka sampai cedera. Sampai beberapa tahun kemudian, Hong Gil sangat terpukul dengan kematian Mu Taek yang tewas di Himalaya.

9.Nanga Parbat 2010


Film adalah salah satu film pendakian favorit saya yang mengisahkan perjalanan pendakian Reinhold Messner dan Günther Messner. Saat itu mereka berdua melakukan pendakian Gunung Nanga Parbat Pakistan, naas sang adik yaitu Günther tewas dalam perjalanan karena longsor salju.

Reinhold yang tidak menyadari adiknya tertinggal dibelakang harus tersusah payah kembali menemukan adiknya tetapi sayang tidak berhasil. Akhirnya Reinhold memutuskan untuk turun dengan kondisi fisik yang lemah dan tanpa logistik. Film ini sangat mengesankan dan dapat membangkitkan kembali semangat pendakian.

10.A Lonely Place to Die 2011


Pada awalnya saya kira film ini mengisahkan pendakian yang heroik atau tentang pendakian gunung yang memiliki jalur ekstrim. Tetapi ternyata film ini mengisahkan tim pendaki yang terjebak karena membawa seorang anak tawanan. Semua anggota tim diburu oleh sang pemilik tahanan.

Diawali dengan penembakan salah satu tim dan berlanjut dengan pemutusan tali karmantel yang berujung pada kematian, film ini berakhir dengan penuh kesedihan karena hanya satu orang saja yang berhasil melarikan diri membawa anak tawanan tersebut ke kota terdekat gunung dimana mereka melakukan pendakian.

Itulah 10 Film Pendakian Gunung Terpopuler yang Perlu Anda Tonton. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share agar semua tahu tentang kisah-kisah dalam film ini yang bisa membangkitkan semangat pendakian.