Dasar SEO ON-PAGE Postingan Blog

Apa itu seo? pertanyaan tersebut pasti terlontar dari benak Anda ketika baru saja mulai merangkap menjadi seorang blogger. SEO yaitu singkatan dari Search Engine Optimization, yang artinya kurang lebih adalah optimasi pencarian mesin pencari. Apa itu mesin pencari? Apa kegunaannya? Google adalah salah satu mesin pencari dan istilah “Googling” yang sebenarnya sering Anda lakukan merupakan kegunaan dari mesin pencari.

SEO adalah optimasi yang bisa dilakukan agar web/blog Anda masuk halaman satu google. Manfaatnya bisa meningkatkan pengunjung/visitor!. SEO terbagi menjadi 2 bagian, yang pertama adalah ON-PAGE yaitu optimasi blog dari dalam web/blog dan yang kedua OFF-PAGE, optimasi yang dilakukan di luar web/blog. Yang pertama harus dipahami SEO ON-PAGE dulu, nanti lanjut ke OFF-PAGE.

SEO ONPAGE untuk Postingan

Jika blog/web Anda ingin masuk ke halaman pertama google dan banyak pengunjungnya, SEO ON-PAGE adalah salah satu optimasi yang harus dilakukan. On-Page sebagaimana sudah dijelaskan tadi, yaitu optimasi dari dalam web/blog Anda sendiri, meliputi: Judul, Deskripsi, Heading, Gambar, jumlah kata postingan dan Link.

Judul Postingan yang SEO
Bagaimanakah judul postingan yang SEO? google menyukai judul-judul yang relevan dengan kata kunci dan memiliki karakter kata yang panjang, maksimal 60 karakter kata. Artinya judul harus mengandung kata kunci. Misalkan Anda ingin masuk halaman satu pada kata kunci “Obat Asam Urat”, pada judul blog kata tersebut haru ada. Anda bisa menggunakan judul “Obat Asam Urat Herbal yang Efektif dan Aman”.

Deskripsi Postingan yang SEO
Deskripsi merupakan rangkuman dari seluruh postingan. Deskripsi postingan yang masuk ke kriteria SEO yaitu mengandung kata kunci dan maksimal 160 karakter kata. Contonya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Deskripsi Postingan yang SEO

Heading Postingan yang SEO
Heading adalah ukuran huruf pada postingan yang harus digunakan agar SEO. Heading yang harus digunakan yaitu Heading 1, 2 dan 3, serta usahakan mengandung kata kunci. Heading bisa disisipkan dalam postingan sebagai sub judul. Contoh lihat gambar berikut:

Heading Postingan yang SEO

Gambar Postingan yang SEO
Foto atau gambar yang ada dalam postingan juga harus SEO. Gambar yang SEO dilengkapi dengan alt tag dan judul yang sesuai dengan kata kunci target. Jika menggunakan flatporm blogspot, silahkan setting dengan cara di bawah ini:

gambar yang seo

gambar postingan yang seo

Apabila menggunakan flatporm wordpress, silahkan setting seperti di bawah ini:

gambar yang seo onpage

Jumlah Kata Postingan yang SEO
Untuk jumlah kata yang SEO yaitu tidak terlalu pendek juga tidak terlalu panjang. Kriterianya yaitu bisa mulai dari 500 kata sampai 1000 kata. Isi tulisannya juga harus original (hasil pemikiran dan mengetik sendiri) tidak copy-paste atau salin-tempel dari tulisan orang lain.

SEO ON-PAGE dalam Postingan Blog

Menerapkan SEO ONPAGE postingan yang sesuai dengan kriteria mesin pencari seperti google adalah salah satu pendukung agar postingan blog/web bisa masuk ke halaman satu. Dengan masuknya postingan di posisi satu, maka akan semakin menambah kemungkinan blog/web Anda ramai pengunjung.

Baca juga:
Cara membuat blog wordpress
Cara membuat blogspot

Itulah mungkin yang bisa saya bagikan tentang SEO ON-Page dalam postingan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk segera mulai menerapkannya.