Cara Mendaki Gunung Semeru

bagaimana cara mendaki gunung semeru

Lama tidak update postingan akhirnya ada ide untuk kembali berbagi informasi tentang pendakian gunung. Akhir-akhir ini banyak yang mencari info tentang cara mendaki gunung semeru, pastinya saya kira kata kunci tersebut berasal dari pendaki gunung pemula yang ingin tahu bagaimana tata caranya agar bisa sampai ke puncak gunung semeru dengan selamat. Nah, kebetulan saya sudah pernah ke sana beberapa tahun yang lalu dan ingin berbagi pengalaman kepada semua pendaki pemula yang siapa tahu saja dapat bermanfaat.

Sebelum mengulas tentang pendakian, syarat pertama ketika hendak berangkat mendaki gunung adalah menentukan tujuan dan mendapatkan informasi tujuan tersebut. Letak, transportasi, pemilihan jalur pendakian, tim pendakian, logistik dan kesiapan fisik serta mental untuk sampai ke tujuan utama.

Gunung semeru berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur dan saya sarankan untuk mengambil jalur ranupane saja yang lebih terbuka dan tidak rumit. Untuk transportasi bisa menggunakan kereta api dan bus. Saya hanya bisa berbagi informasi transportasi dari tasikmalaya saja, karena dari kota lain saya tidak pengalaman, tinggal sesuaikan saja dengan posisi kota Anda sekarang untuk mencapai kabupaten malang. Berikut transpotasi yang saya gunakan:

Berangkat: Stasiun Tasikmalaya => Stasiun Gubeng => Terminal Malang (Arjosari) => Pasar Tumpang => Ranupani => Gunung Semeru

Pulang: Gunung Semeru => Ranupani => Pasar Tumpang => Terminal Malang (Arjosari) => Stasiun Gubeng (Surabaya) => Stasiun Tasikmalaya

Baca selengkapnya: pendakian gunung semeru

Untuk jenis transportasinya saya gunakan Kereta Api dari tasik ke surabaya, lalu dari surabaya saya naik elf (di surabaya dikenal dengan nama bison) ke terminal arjosari. Selain bisa naik elf juga bisa naik bus jurusan terminal arjosari. Dari terminal arjosari naik angkot ke pasar tumpang. Nah, di pasar ini sudah ada berjejer mobil-mobil jeep yang siap mengantar Anda ke Ranupane.

Bagaimana Cara Mendaki Gunung Semeru?

cara mendaki gunung semeruPertanyaan yang sangat mudah untuk dijawab, JALAN KAKI! ya, untuk mendaki gunung semeru haruslah jalan kaki. Dari pasar tumpang Anda bisa menggunakan mobil jeep sewaan untuk sampai ke ranupane dan di Ranupane ini silahkan segera melakukan regestrasi seusai kebijakan yang sudah ditetapkan di sana.

Anda bisa beristirahat sejenak sebelum pendakian, melepas lelah dari lamanya perjalanan dari tempat tinggal Anda ke Ranupane. Kalau saya dulu waktu naik gunung semeru sampai di Ranupane malam hari, jadi berangkat mendaki pagi hari.

Baca juga: peralatan mendaki gunung

Dari Ranupane berjalan ke arah kanan menapaki jalur paving block dan melewati perkebunan. Sekitar setengah jam akan sampai di pos 1. Dari sini Anda akan mulai merasa bahwa latihan fisik stiap hari sangatlah penting. Di pos 1 Anda bisa rehat sebentar untuk menarik nafas lalu silahkan berjalan kembali.

Atur tempo berjalan agar tidak mudah lelah. Jangan banyak bertanya kapan sampai, karena itu hanya akan membuat mental dan fisik Anda lemah. Jalan saja seperti kura-kura tapi cepat sampai. Artinya, terus berjalan meskipun pelan-pelan asalkan sampai tujuan.

Setelah pemanasan dari pos ranupane ke pos 1, saatnya memulai pendakian. Jalan terus sampai ranukumbolo dan jangan banyak berhenti. Saya dulu, pernah dari ranupane jam 10.50 WIB dan sampai di ranukumbolo jam 12.30 WIB dan kebetuan waktu itu hujan sehingga badan tidak mudah lelah dan tidak banyak berhenti atau istirahat. Sehingga tujuan dari ranupane ke ranukumbolo saya rasa cepat tercapai.

Tetapi bagi pemula saya sarankan santai saja. Jalan pelan-pelan tapi jangan sampai lupa tujuan. Target waktu saja sampai di Ranukumbolo jangan sampai kemalaman. Karena ketika waktu beranjak malam, suhu juga mulai dingin.

Baca juga: olahraga ringan persiapan pendakian

Nah, apabila sudah sampai di Ranukumbolo persiapkan dirikan tenda untuk istirahat. Ranukumbolo adalah salah satu tempat yang seringkali didambakan banyak pemula. Ada banyak juga yang teralu lama berdiam di ranukumbolo sehingga kehabisan logistik untuk keesokan harinya. Padahal jalan masih jauh untuk mencapai mahameru.

Menurut saya, cukupkan saja satu malam di Ranukumbolo untuk istirahat, agar badan fit keeskokan harinya dan lanjutkan pendakian ke Kali Mati. Saya sarankan berangkat pagi-pagi agar waktu panjang dan badan juga sepertinya enak apabila bergerak di pagi hari.

Dari Ranukumbolo Anda akan melewati tanjakan yang terkenal yaitu Tanjakan Cinta yang mana selalu dieluhkan dengan mitos “jangan melihat kebelakang”, “Ucapkan do’a untuk seseorang yang kamu cintai, kalau masih pacaran dia akan menjadi istri”, kalau menurut saya jangan terlalu didengarkan karena belum tentu benar. Waktu itu saya ketika di Tanjakan Cinta malahan melihat kebelakan, dan ternyata pemandangannya sangat indah 😀

Setelah pemanasan di Tanajakan Cinta maka kita akan sampai di bibir bukit yang mengelilingi Oro-oro Ombo. Dari sini pemandangannya juga tidak kalah indahnya. Ada padang savana juga bunga-bunga warna ungu. Setelah menanjak di tanjakan cinta Anda akan langsung menurun untuk melewati Oro-oro Ombo ini.

Tempo berjalan pelan saja jangan terburu, sambil menengok pemandangan agar otot-otot kaki tidak seperti di pacu, ini untuk realeksasi agar pendakian tidak seperti penderitaan. Dari Ranukumbolo ke Kalimati dulu saya hanya 2 jam saja karena hujan terus menerus sehingga ingin sampai dan akhirnya tempa berjalan juga sedikit dipercepat. Untuk tempo berjalan normal mungkin bisa 3-5 jam perjalanan, tergantung lama dan tidaknya istirat juga sering tau tidaknya istirahat.

Ketika sampai di Kalimati beristirahatlah sebentar untuk tubuh dari perjalanan. Lalu segera dirikan tenda. Nah, dari Kalimati inilah perjalanan tengah malam akan dilakukan untuk mencapai puncak gunung semeru dengan ketinggian 3676Mdpl yang merupakan puncak tertinggi di pulau Jawa. Dikenal dengan nama MAHAMERU. Persiapkan segala sesuatunya ketika petang agar ketika berangkat ke puncak semua sudah tersedia.

Alat-alat yang harus di bawa yaitu, Headlamp untuk penerangan, Helm (kalau ada) untuk pengamanan kepala dari bebatuan, gunakan jaket, bawa beberapa makanan ringan dan air untuk perjalanan juga yang tidak kalah penting adalah tali (bisa webing atau karamantel). Alat lain yang juga harus dibawa yaitu P3K untuk berjaga-jaga kalau ada yang cedera.

Dari Kalimati jalur pendakian akan sangat berbeda dengan sebelumnya. Setelah berjalan beberapa menit, Anda akan memasuki Arcopodo, terus menanjak dan menanjak. Setelah itu Anda akan sampai di jalur pendakian medan pasir yang ketika basah akan padah dan akan licin jika diinjak, dan apabila kering akan mudah terperosok ketika diinjak serta berbebu. Oleh karena itu harus mengunakan masker agar debu dari pasir tidak terhirup. Medan pendakian akan semakin menanjak dan dingin akan terasa sampai ke tulang. Tetap atur tempo berjalan dan kuatkan mental agar bisa sampai ke puncak.

Dari Kalimati berangkat jam 12 malam maka akan bisa sampai jam 04.00 WIB. Disarankan untuk sampai di puncak. Sampai pagi hari sebelum jam 8 akan sangat baik untuk menjaga asap dari kawah yang bisa saja terbawa angin sampai ke puncak juga ketika sampai di pagi hari pemandangan sangat indah. Apalagi bisa menyaksikan terbitnya matahari di ufuk timur. Berarti tenggang waktu di puncak sangatlah singkat, yaitu antara jam 4 sampai jam 7. Manfaatkan momen itu sesuai keinginan Anda asal jangan terlalu berlebihan. Dan selamat Anda sudah sampai di puncak MAHAMERU dengan ketinggian 3676Mdpl!

Baca juga: tips menjaga agar tubuh tetap hangat ketika mendaki gunung

Setelah bersukaria di puncak, Anda harus segera turun sebelum jam 8. Perjalanan turun akan semakin cepat, tapi harus berhati-hati karena banyak yang tersesat ketika turun. Perhatikan jalur dan usahakan jangan keluar dari tim. Santai saja asal selamat. Perjalanan turun akan sangat berbeda dengan naik, yaitu semakin cepat tapi harus berhati-hati karena bisa tersesat. Perhatikan jalurnya, santai saja yang penting sampai ke Kalimati lagi. Nah, jika sudah sampai ke kalimati rehatlah sejanak untuk melepas lelah. Kalau saya dulu langsung packing barang dan turun ke Ranupane karena terbatas waktu harus segera kerja. Anda silahkan sesuaikan waktunya. Kalau menurut saya lebih baik menginap satu malam lagi di Ranukumbolo atau di Ranupane.

Untuk biaya transportasi agar Anda tenang ketika dalam perjalanan saya sarankan memegang sekitaran 1 juta atau lebih dari itu lebih baik. Untuk logistik usahkan agar bisa sampai 1 minggu. Rajin-rajinlah menabung untuk pendakian gunung semeru karena lebih banyak membawa biaya lebih baik untuk berjaga-jaga kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah sedikit informasi tentang bagaimana Cara Mendaki Gunung Semeru, Syarat, Biaya, Jalur dan Logistiknya. Semoga bermanfaat, terutama untuk para pendaki pemula. Jangan lupa juga share agar semua teman-teman Anda tahu.