Cara Memperoleh Air Dalam Keadaan Darurat di Gunung

cara memperoleh air di gunung

Tidak selamanya air dapat diperoleh dari mata air saat hendak melakukan pendakian gunung. Dalam keadaan darurat seperti tersesat digunung, kehabisan air bersih untuk minum merupakan salah satu keadaan yang harus dihadapi oleh seorang pendaki.

Ilmu memperoleh air saat keadaan darurat ini sangat penting, sama pentingnnya dengan tubuh anda yang butuh air. Seorang survivor sudah semestinya tahu, untuk memastikan bagaimana dia dapat memperoleh air meskipun dalam keadaan sulit. Dengan demikian, seorang pendaki tidak akan mati karena kehausan digunung.

Memperoleh Air di Gunung

Umumnya, air mudah diperoleh di daerah berkapur, pesisir pantai dan bekas aliran sungai. Caranya dengan membuat menggali lubang yang tidak begitu dalam. Air akan di dapat di daerah berkapur, karena di waktu malam hari akan menarik embun sehingga dapat terkumpul air oleh daya tarik panas kapur pada siang hari.

Air juga dapat terkumpul dari bekas aliran sungai. Embun yang terbawa angin akan terkumpul pada lubang yang kita buat pada bekas aliran sungai tersebut. Air yang di dapatkan dengan cara demikian harus dimasak terlebih dahulu, baru diminum.

Cara lain untuk memperoleh air juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan atau pepohonan. Dengan menebarkan poncho di bawah pohon yang rindang, kita dapat memperoleh air. Pepohonan selain memperoleh air dari hujan juga menghisap air melalui akarnya dengan cara menghisap embun lalu menjatuhkannya ke tanah dan menghisap dengan akarnya.

Akar-akar pohon yang mengandung air:
Air juga bisa kita dapatkan dengan memotong akar pohon, tali hutan dan rotan yang tergantung tinggi melingkar kebawah. Besarnya sukuran lengan dan apabila dipotong akan meneteskan air. Dalam semalam, anda akan mendapatkan air kurang lebig sampai 5 liter air.

Buah-buahan yang mengandung air:
Air juga dapat kita peroleh dari buah-buahan. Buah yang mengandung air; jambu, jeruk, pisang, kelapa dll.

Dalam keadaan apapun, rasa haus yang sangat tinggi jangan sekali-kali mengonsumsi air kotor. Jernihkan terlebih dahulu, karena air kotor hanya akan menyebabkan berbagai masalah dan gangguan pada organ pencernaan anda. Jika pencernaan terganggu, itu akan menambah kesulitan kita dalam perjalanan.

Air yang kotor harus di jernihkan, caranya bisa dengan menyaringnnya mengunakan kain bersih. Air yang diperoleh juga bisa berbau, anda jangan langsung meminumnya. Air berbau bisa mengandung bakteri dan racun yang bisa membunuh anda. Cara menghilangkan bau dari air yang anda peroleh adalah dengan menggunakan arang kayu.

Kondisi darurat kekurangan air dapat membawa kita kedalam keadaan survive, harus bisa bertahan hidup. Karena air sangat penting bagi tubuh kita. Apalagi kita hanya membawa makanan yang harus dimasak dengan menggunakan air, itu sangat menambah kebutuhan kita akan adanya air.