Cara Agar Kuat Naik Gunung

cara agar kuat naik gunung

Cara Agar Kuat Naik Gunung – Berbicara tentang kekuatan ketika naik gunung, saya ingin membaginya menjadi 2 bagian, yaitu kekuatan fisik dan mental. Keduanya penting dan setiap orang memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Menurut saya kekuatan setiap pendaki haruslah selalu dilatih agar terbiasa.

Karena itu untuk pemula biasanya ketika pertama kali mendaki gunung pastilah merasakan kelelahan yang berlebih, meskipun katanya sedang fit, meskipun usianya muda. Karena selain fisik naik gunung melibatkan mental dan pengalaman membuat banyak pendaki banyak belajar. Ada banyak pendaki indonesia yang mengatakan, mental yang pertama lalu fisik, keduanya saling beriringan.

Keduanya harus benar-benar dilatih kalau Anda memang ingin mengetahui kuat naik gunung. Diluar daripada itu, saya hanya bisa berbagi pengalaman saja yang saya rasakan, berikut ini beberapa tips bagaimana cara agar kuat naik gunung:

Latihan Fisik Setiap Hari
Untuk memiliki fisik yang kuat haruslah dilatih setiap hari. Ada banyak olahraga yang cocok untuk melatih fisik agar kuat saat mendaki gunung. Diantaranya yaitu jogging, Squat jumps dan Push-up, Melatih pernapasan, Kardio dan Bersepeda. Semua olahraga tersebut dapat membantu memperkuat fisik. Sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya, silahkan baca >> olahraga sebelum pendakian gunung

Di gunung cuaca sangat dingin, bahkan bisa tingkatan kedinginan yang tidak bisa Anda bayangkan. Bagaimana caranya melatih tubuh ini agar bisa kuat menghadapi hal tersebut? silahkan baca tulisan di bawah ini:

Tips Mencegah Hipotermia Saat Mendaki Gunung Perlu Disiapkan

Tips Menjaga Tubuh Tetap Hangat Saat Mendaki Gunung

Latihan Mental Setiap Hari
Bagaimana caranya melatih mental setiap hari agar kuat mendaki gunung? sepertinya dalam hal ini saya kira manfaatnya banyak, tidak hanya untuk pendakian saja. Oleh karena itu saya katakan bahwa mendaki gunung memang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Untuk melatih mental setiap hari Anda bisa berusaha memperkuat kepercayaan diri dengan menyingkirkan keraguan. Anda juga harus mempunyai tekad yang kuat untuk pendakian dengan tujuan yang baik.

Belajarlah banyak hal tentang gunung, kenali karakter gunung agar nanti ketika hendak berangkat melakukan pendakian tidak begitu terkejut karena sudah tahu sebelumnya. Selain mengenal karakter gunung, Anda juga harus punya keyakinan untuk tetap berani dan mencoba untuk meredam rasa takut, sehingga menjadi berhati-hati dan penuh perhitungan. Disanalah akan tercipta mental yang kuat.

Ketika kedua bagian tersebut sering dilatih, maka Anda akan terbiasa. Dan bersiaplah untuk mendaki gunung, tempat di mana sebenarnya tidak ada yang bisa menjamin kekuatan Anda. Di gunung, cuaca bisa saja sangat dingin, tanjakan bisa saja sangat tinggi, apalagi jika datang hujan, badai, panas dan lain sebagainya. Persiapkan diri Anda untuk melewati semua itu, dan tetaplah berusaha.