Ancaman dari Dalam Bagi Survivor dan Cara Mengatasinya

ancaman dari dalam bagi seorang survivor

Seorang pengembara harus memiliki kemampuan bertahan hidup dan insting keluar dari masa sulit. Sebab pendakian gunung bukan soal sampai puncak saja, kita harus dapat kembali turun untuk pulang. Tersesat adalah salah satu ANCAMAN yang selalu berlaku bagi semua pendaki gunung, karena itulah dibutuhkan teknik SURVIVAL untuk mengatasinya.

Ancaman dalam survival terbagi menjadi dua bagian, yaitu dari dalam dan luar. Ancaman berupa persoalan phisiologi dan psikologi merupakan ancaman yang paling umum terjadi dari dalam diri seorang survivor. Yang dimaksud dengan ancaman psikologi adalah berupa perasaan takut dan stress.

Persoalan psikologi paling sering berawal dari rasa putus asa, kesunyian diri, panik tersesat dan jemu. Tidak sedikit survivor yang meninggal akibat ancaman dari dalam ini, oleh karena itu kita butuh latihan-latihan untuk menghilangkan rasa takut dan berusaha keluar dari masa sulit survival.

Cara Mengatasi Ancaman dari Dalam bagi Seorang Survivor:

  • Ingatlah bahwa diri kita sangat berarti, dan sangat dibutuhkan untuk tetap hidup.
  • Ingatlah orang-orang yang dicintai atau mencintai anda, dengan demikian semangat tetap hidup semakin meningkat
  • Lakukan hal-hal kecil yang positif untuk mengatasi semua persoalan yang sedang dihadapi
  • Bergembiralah, keluarkan selera humor untuk menciptakan hal-hal yang lucu
  • Tetap tenang, kendalikan rasa takut dan berfikirlah yang melegakan
  • Berdoalah, pintalah perlindungan dan petunjuk agar anda bisa keluar dari masa survival

Ancaman lain yang dapat mucul dari dalam adalah Phisiologi, rasa stress yang diakibatkan oleh luka, rasa sakit dan rasa lapar. Persoalan phisiologi dapat dihilangkan dengan berfikir cepat dan sadar bahwa setiap luka, lapar serta rasa sakit adalah sebuah kenyataan hidup yang harus kita hadapi. Tidak cukup dengan kesadaran, upaya lain yang bisa dilakukan yaitu merawat diri agar tetap dalam keadaan kuat, bisa berjalan lalu keluar dan menemukan jalan untuk pulang.